Feri KMP Dahrama Kencana I Resmi Layani Rute Tondasi-Kasipute

277

 

KMP Dahrama Kencana I, feri yang melayani rute Tondasi-Kasipute. 

 

LAWORO – Aktifitas transportasi pelabuhan Ferri Tondasi telah resmi dibuka. KMP Dahrama Kencana I telah membuka jadwal rute disana.

Pukul 14.00 waktu setempat (kemarin), dipastikan armada berbendera Dharma Dwipa Utama ini, telah sandar di Bumi Praja Laworo. Besok (hari ini), bus air itu, berlayar perdana menuju Kasipute, dengan perjalanan dua kali dalam seminggu.

Kadis Dishub Mubar, La Ode Hanafi mengaku, dengan adanya jalur perintis antar kabupaten yang ditetapkan Kementerian Perhubungan ini, sangat menguntungkan. Sebab, tadinya hanya melakukan pelayaran satu kali dalam seminggu, sekarang menjadi dua kali pelayaran.

“Ini kita harus apresiasi. Sekarang pelayarannya empat trip dengan beroperasi dua kali dalam seminggu. Jadi, jadwalnya itu, Selasa dan Kamis. Siang. Tarif ini, sudah ditetapkan Gubernur,” kata Kadishub Mubar, La Ode Hanafi, saat ditemui di Pemkab Mubar, Senin (12/4/2021).

Ia menilai, dengan adanya pengoperasian Ferri Tondasi ini, cukup besar keuntungannya bagi masyarakat Mubar. Sebab, daerah yang belum lama mekar serta daerah terisolasi, bisa terbuka akses transportasi lautnya.

“Untuk membuka keterisolasian, tidak ada jalan lain. Buka akses transportasi laut. Alhamdulillah, dari sini, kita mulai. Kalau kita mau adakan syukuran dengan penyebrangan perdana ini, masih tunggu bupati. Karena, beliau masih di luar daerah,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk output bagi daerah, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, namanya pelayaran lintas kabupaten dan retribusi diatur provinsi, semua telah diatur dalam Dana Bagi Hasil (DBH).

“Pada intinya kita paling utama adalah asas manfaat yang diperoleh untuk penyelenggaraan angkutan. Semoga, ini terus berjalan dan lancar,” pungkasnya. (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.