Kabupaten Koltim Berhasil Eliminasi Malaria

16
Kadinkes Koltim saat menerima sertifikat eliminasi malaria di Jakarta. Foto: IST.

 

TIRAWUTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dalam rangka program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), memberikan sertifikat eliminasi malaria kepada 12 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, termasuk Koltim. Kegiatan berlangsung di Jakarta, pada Selasa (27/4/2021).

Plt. Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, sertifikat ini merupakan prestasi bagi daerah yang berhasil mengeliminasi penyakit malaria. Olehnya ia berharap kegiatan ini melahirkan semangat bagi Pemda penerima sertifikat, agar dapat mempertahankannya, demi kesehatan masyarakat.

“Kemudian ini juga menjadi inspirasi dan inovasi bagi kabupaten/kota lainnya, untuk semakin giat bekerja mengeliminasi malaria,” ujarnya.

Untuk mendapatkan sertifikat ini kata Maxi, bukan hal yang mudah, namun butuh perjuangan sulit. Setiap daerah harus lulus penilaian dari Kemenkes sesuai 11 indikator dengan tiga indikator utama sebagai syarat mutlak.

“Tiga indikator syarat mutlak tersebut, pertama Annual Parasite Incidence kurang dari 1 per 1000 penduduk, kedua Slide Positive Rate kurang dari 5 %, ketiga tidak ada kasus indigenous. Tiga indikator ini harus dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut,” ujarnya,

Sementara itu, Bupati Koltim, Andi Merya Nur mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemda lainnya penerima sertifikat, telah berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat bebas malaria dengan derajat kesehatan setinggi-tingginya.

“Pemda Koltim akan melibatkan seluruh jajaran lintas sektor pemerintah, bersama masyarakat, organisasi peduli lingkungan, termasuk kalangan swasta dan dunia usaha, sehingga prestasi ini terus dipertahankan,” ujarnya. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.