Laode Ida: Mendikbud Sudah Laksanakan Rekomendasi ORI dengan Benar

289
Laode Ida

rakyatsultra.com — KENDARI – Mantan komisioner Ombudsman RI (ORI) Laode Ida mengapresiasi langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) melalui Dirjen Dikti yang sudah melaksanakan rekomendasi ORI dengan benar, terkait kasus plagiat yang melilit Rektor UHO, berdasarkan prinsip pengelolaan pemerintahan yang baik.

Dikatakannya, nilai-nilai yang harusnya dijunjung tinggi oleh akademisi dan unsur kampus seperti nilai kejujuran, moralitas dan integritas harus ditegakkan, sehingga tindakan plagiat tidak boleh ada di lingkungan universitas.

Karena lanjutnya, dari segi aturan, tindakan plagiat sudah sangat jelas melanggar, dan yang lebih mendasar lagi yaitu ada nilai yang diinjak-injak, yakni kejujuran, moralitas dan integritas.

“Jadi, itu seharusnya dijunjung tinggi seluruh civitas akademika Universitas Halu Ole. Makanya Mendikbud sekarang mengeluarkan surat tersebut sangat tepat,” ungkapnya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (20/4).

Dikatakannya, kampus harus memberikan contoh teladan yang baik, bagaimana nilai-nilai tersebut dijunjung tinggi. Kalau sudah kasus seperti plagiat prof Zamrun tersebut, maka orang buta hurufpun, tegasnya lagi, akan mengatakan itu plagiat, karena banyak unsur kesamaannya.

“Jadi saya mengapresiasi tinggi surat dari Kemendikbud sebagai rujukan,” katanya.

Karenanya, surat tersebut lebih mencerahkan dan bisa membawa UHO lebih baik kedepannya, dimana nilai-nilai kejujuran di kampus harus dikedepankan.  (rs)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.