Pemda Koltim Fokus Bangun Ekonomi dan Infrastruktur Dasar pada 2022

11

 

Andi Merya saat memimpin Rakortenrenbang untuk pembangunan tahun anggaran 2022. Foto: Iwal/Rakyat Sultra.

 

TIRAWUTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), beberapa waktu lalu menggelar rapat koordinasi teknis rencana pembangunan (Rakortekrenbang) untuk tahun 2022 mendatang, sebagai pelaksanaan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Plt. Bupati Koltim, Andi Merya yang dikonfirmasi Senin (05/04/2021), menjelaskan bahwa Rakortekrenbang untuk tahun 2022 mengangkat tema “Meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor unggulan dan percepatan pembangunan infrastruktur dasar”.

Sehingga untuk mendukung tema itu kata Merya, ditetapkan empat prioritas pembangunan. Pertama pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Kedua, percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur. Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, dan kesempatan kerja. Keempat, pelestarian lingkungan hidup dan tata kelola pemerintahan.

Lanjut Plt. bupati, beberapa program yang harus mendapat perhatian khusus, antara lain yakni pembangunan jalan kabupaten, pengembangan jalan provinsi dan peningkatan jalan nasional, serta pemberian stimulan bagi pembangunan infrastuktur desa maupun kelurahan.

“Pengembangan komoditas unggulan khas Koltim harus dipertahankan dan ditingkatkan, seperti kakao, nilam, dan padi. Ini menjadi perhatian Pemda, khususnya Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Dinas Perkebunan, dan Dinas Pangan,” ucap Andi Merya.

Lanjutnya, perencanaan kerja Pemda, menjadi salah satu intervensi lembaga audit, baik internal maupun eksternal, mulai dari daerah kabupaten, provinsi, hingga pusat. Sehingga bagian ini menjadi sangat penting, sejak pelaksanaan pembangunan hingga evaluasi hasil kerja.

Olehnya, dengan memperhatikan usulan masyarakat dari bawah, perencanaan sektoral di OPD juga diarahkan untuk mempedomani perencanaan nasional tahun 2022 dan perencanaan Provinsi Sultra.

Untuk itu Plt. bupati meminta kepada seluruh perangkat daerah agar senantiasa berkonsultasi dengan aparatur di tingkat Provinsi Sultra, agar perencanaan sektoral ini, dapat terintegrasi dengan baik di Kabupaten Koltim.

“Saat ini dengan berbagai tantangan zaman, kita dituntut untuk serius dalam menyusun rencana kerja Pemda. Kita tidak bisa lagi bermain-main dan santai dengan tugas kita. Apalagi dengan pengembangan sistem digital, kinerja kita menjadi terukur dan harus tepat waktu,” tutup Andi Merya. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.