Pemerintah Siapkan Rp 4 M untuk Pengaspalan Jalan Kawasan Transmigrasi di Muna

181

 

 

Fajar Wunanto

 

RAHA – Kawasan transmigrasi di wilayah Muna Timur Raya (Mutiara), Kabupaten Muna, Sultra terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Tahun ini pemerintah pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp 4 Miliar untuk pengaspalan dua ruas jalan, masing-masing akses jalan menuju Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Pohorua dan UPT Labunia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muna, Fajar Wunanto menyebutkan, untuk ruas jalan menuji UPT Pohorua dianggarkan melalui dana tugas pembantuan senilai Rp 2,5 M, dan ruas jalan menuju UPT Labunia dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi senilai Rp 1,5 M.

“Tahun 2021 ini dua ruas jalan ini akan diaspal,” kata Fajar.

Ia menyebutkan, pemerintah telah membangun ratusan unit perumahan transmigrasi di wilayah Mutiara, salah satunya di UPT Labunia dan UPT Pohorua.

“Di UPT Labunia ada 200 Kepala Keluarga (KK) dan di UPT Pohorua sebanyak 150 KK,” sebutnya.

Fajar mengatakan, pengaspalan jalan ini sangat penting untuk memperlancar akses transportasi warga transmigran. Ia tak memungkiri, persoalan di kawasan transmigrasi selalu ada sebab karakter warga transmigran begitu bervafiasi.

Namun demikian, sebagai pembina, Dinas Nakertrans tak lelah untuk turun melakukan pembinaan dan mendorong warga transmigran untuk bisa bertahan dan produktif dengan segala potensi dan sumberdaya yang ada. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.