Pemkab Buteng Optimis Raih WTP Keempat dari BPK

13

 

Kostantinus Bukide. Foto:Awal/Rakyat Sultra.

 

LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) optimis kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kalinya secara beruntun. Untuk itu, seluruh jajaran diharapkan pro aktif dalam menyiapkan laporan keuangan dan aset tahun anggaran 2020 yang akan diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, Kostantinus Bukide mengatakan, BPK sudah mulai melakukan pemeriksaan tertanggal 1 April 2021 hingga 30 hari ke depan.

“Jadi kita berharap pemeriksaan yang dilakukan BPK tahun anggaran 2020 bisa mempertahankan dan meraih kembali predikat opini WTP yang sudah tiga tahun berturut-turut kita raih. Makanya, setiap pengelolaan keuangan daerah itu harus sesuai dengan aturan dan tertib,” kata Kostantinus, Rabu (7/4/2021).

Lebih lanjut, kata Kostantinus mengungkapkan bahwa untuk memudahkan kerja BPK, ia meminta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tidak melakukan kunjungan kerja keluar daerah. Kehadiran Kepala OPD saat pemeriksaan dapat memperlancar komunikasi dan koordinasi dengan tim BPK.

Selain itu data-data yang dibutuhkan juga dapat dengan cepat disajikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan pada saat pemeriksaan aset dan keuangan di setiap OPD.

“Untuk itu bagus juga kalau kepala OPD-nya langsung yang diperiksa, harapan kita kan dengan pemeriksaan ini kita bisa mendapatkan lagi opini WTP dari BPK itu,” ujarnya.

Dia mengatakan, Kepala OPD dapat melakukan perjalanan dinas apabila kegiatan di luar daerah tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting. Namun harus berdasarkan izin dari pimpinan daerah sendiri. (cr3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.