Pemkab Mubar Usul 350 Kuota CPNS  

362
La Ode Mahajaya, SE. M.Kes

 

LAWORO – Para pencari kerja di Mubar, segera mempersiapkan diri mencoba keberuntungan dengan mendaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, pemerintah bakalan membuka kembali rekruitmen abdi negara tahun ini. Ada banyak formasi yang siap diperebutkan. 

Kabupaten Muna Barat (Mubar) sendiri, tentunya sudah mengusulkan kuota berdasarkan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Seyogyanya, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), kuota CPNS Mubar bisa mencapai 350. Akan tetapi, kuota itu tergantung pemberian dari pemerintah pusat.

Kepala BKPP Mubar, La Ode Mahajaya menjelaskan, Anjab dan ABK telah disusun berdasarkan kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan, sesuai besaran kelembagaan itu, baik struktural maupun fungsional.

“Kita mengisi diaplikasi yang dibuat oleh pemerintah pusat. Berdasarkan itu, maka lahir berapa kebutuhan pegawai. Nanti disitu dibaca Kemenpan. Berapa dikasih, itu nanti dipertimbangkan berdasarkan keuangan negara,” jelas Kepala BKPP Mubar, La Ode Mahajaya, kemarin.

Berdasarkan isian Anjab dan ABK, lanjut Mahajaya, Muna Barat masih membutuhkan 1000 pegawai lagi. Dengan jumlah terbanyak dari eselon empat mencapai 300 lebih. Kemudian pegawai struktural, staf untuk jabatan pelaksana serta guru dan kesehatan. “Tapi semua tergantung Kemenpan. Tetap kita mengusul, Kemenpan yang tentukan. Kita inginkan 350 Kuota atau minimal 300 lah. Kalau 1000 itu nanti bisa terpenuhi dua sampai tiga tahun, sepanjang ada penerimaan pegawai,” terangnya.

Dengan adanya jumlah pegawai, Mahajaya mengaku, semakin besar pula gelontoran Dana Alokasi Umum. Kendati demikian, pertimbangan pemberian kuota, bukan semata-mata berdasarkan Anjab dan ABK. Tapi, besarnya jumlah penduduk yang dilayani di kabupaten itu.

“Jadi, lagi lagi, pertimbangan jumlah penduduk. Mubar masih sedikit penduduknya. Jadi, syukur-syukur kita diberi banyak kuota. Tapi, semoga kita bisa disahuti sesuai usulan yang ada,” pungkasnya. (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.