Polda Sultra Bekali Satpam Dengan Kemampuan Deteksi Dini 

67
Kasubdit 5 Direktorat Intelijen Keamanan Polda Sultra AKBP H. Ruslan

Rakyatsultra.com, KENDARI – Eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing

Kasubdit 5 Direktorat Intelijen Keamanan Polda Sultra AKBP H. Ruslan memberikan materi peningkatan kemampuan deteksi dini kepada personel Satuan Pengamanan yang sedang mengikuti pelatihan Gada Madya di Aula Jana Nuraga Sat Brimobda Sultra, dengan tetap menerapkan disiplin  protokol kesehatan Covid-19. Selasa (06/04/2021)

 

Dalam paparannya AKBP Ruslan menjelaskan dan memberikan contoh tentang tekhnik dasar melakukan pengamatan dan penggambaran agar para peserta pelatihan Gada Madya yang dipersiapkan menduduki jabatan setingkat Supervisor agar memiliki pengetahuan dan mampu mengarahkan anggotanya tentang cara melakukan deteksi potensi gangguan diwilayah kerjanya. Selanjutnya dilaporkan kepada user maupun aparat Kepolisian setempat, sehingga gangguan keamanan dilingkungan kerjanya dapat diantisipasi sejak awal.

Kasubdit 5 Direktorat Intelijen Keamanan Polda Sultra AKBP H. Ruslan memberikan materi peningkatan kemampuan deteksi dini kepada personel Satuan Pengamanan yang sedang mengikuti pelatihan Gada Madya di Aula Jana Nuraga Sat Brimobda Sultra, Selasa (06/04/2021)

“ saya berharap dengan pelatihan ini  para peserta dan mampu mengarahkan anggotanya tentang cara melakukan deteksi potensi gangguan diwilayah kerjanya untuk dilaporkan kepada user maupun aparat Kepolisian setempat,” harapnya

 

Untuk diketahui, Gada Madya adalah training yang diberikan kepada calon supervisor security yang bertujuan untuk memberikan kemampuan membentuk team security yang solid, memiliki kemampuan managerial dan leadership serta memenuhi kualifikasi supervisor security.

 

Dalam Pasal 19, disebutkan jika golongan kepangkatan anggota satpam akan ada tiga jenjang, yakni manajer, supervisor, dan pelaksana.

Kasubdit 5 Direktorat Intelijen Keamanan Polda Sultra AKBP H. Ruslan memberikan materi peningkatan kemampuan deteksi dini kepada personel Satuan Pengamanan yang sedang mengikuti pelatihan Gada Madya di Aula Jana Nuraga Sat Brimobda Sultra, Selasa (06/04/2021)

Untuk mendapatkan pangkat, seorang satpam harus terlebih dulu mengikuti pelatihan yakni pelatihan gada pratama untuk tingkat pelaksana; pelatihan gada madya untuk tingkat supervisor; dan pelatihan gada utama untuk tingkat manajer. Pelatihan tersebut hanya boleh diselenggarakan oleh Polri dan BUJP yang memiliki SIO jasa pelatihan.

 

Lebih lanjut, kenaikan pangkat untuk per-jenjang kepangkatan manajer berdasarkan masa kerja paling cepat adalah per-dua tahun. Rinciannya adalah, dari manajer ke manajer madya dapat dilaksanakan dalam jangka waktu setelah satu tahun masa kerja sebagai manajer dan lulus uji kompetensi tingkat gada utama.

 

Kemudian, dari manajer madya ke manajer utama, harus memenuhi syarat yakni diusulkan oleh pengguna jasa satpam berdasarkan kebutuhan serta lulus uji kompetensi gada utama.

 

Lalu, kenaikan pangkat untuk per jenjang kepangkatan supervisor berdasarkan masa kerja paling cepat per-empat tahun. Rinciannya adalah, dari supervisor ke supervisor madya, dapat dilaksanakan dalam jangka waktu setelah dua tahun masa kerja sebagai supervisor dan lulus uji kompetensi tingkat gada madya.

Selanjutnya, dari supervisor madya ke manajer, harus memenuhi syarat yakni kebutuhan pengguna jasa satpam, lulus uji kompetensi tingkat gada madya, memiliki keahlian khusus, dan lulus pelatihan gada utama.

 

Terakhir, kenaikan pangkat untuk per jenjang kepangkatan
pelaksana berdasarkan masa kerja paling cepat per-empat tahun. Rinciannya adalah, dari pelaksana ke pelaksana madya dapat dilaksanakan dalam jangka waktu setelah dua tahun masa kerja dan lulus uji kompetensi tingkat gada pratama.

 

Kemudian, dari pelaksana madya ke supervisor, harus memenuhi syarat yakni kebutuhan pengguna jasa satpam, lulus uji kompetensi tingkat gada pratama, memiliki keahlian khusus, dan lulus pelatihan gada madya. (p2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.