Rektor UMK Ingatkan Alumni Tetap Jaga Nama Baik Almamater

20

 

 

 

Suasana pelaksanaan wisuda UMK di Hotel Azizah Kendari. Foto: Dirma/Rakyat Sultra.

 

KENDARI – Pada Tahun Akademik 2020/2021 semester genap ini Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) berhasil mencetak 622 alumi yang dibuktikan dengan pelaksanaan wisuda angkatan XXI secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan pada hari Rabu (7/4/2021) di Hotel Azizah Kendari.

Dalam sambutanya, Rektor UMK, Amir Mahmud mengungkapkan, berdasarkan statistik, alumni UMK secara keseluruhan selama 15 tahun ini sebanyak 14.199 orang termasuk yang diwisuda hari ini. Hal ini menunjukkan bahwa setiap tahunnya UMK meluluskan alumni rata-rata 947 orang.

Lanjutnya, pada awal tahun ini UMK berhasil melaksanakan wisuda yang diikuti sebanyak 622 peserta yang berasal dari beberapa Program Studi (Prodi). Yakni Teknik Lingkungan 31 orang, Arsitektur 31 orang, Agribisnis 10 orang, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan 1 orang, Teknologi Hasil Perikanan 7 orang, Manajemen 147 orang, Ilmu Hukum 87 orang, Ilmu Pemerintahan 53 orang, Administrasi Pendidikan 73 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 62 orang, Pendidikan Luar Sekolah 12 orang, Pendidikan Guru Anak Usia Dini 68 orang, dan Pendidikan Agama Islam 40 orang.

“Walaupun dalam pandemi Covid-19 sekarang ini, mahasiswa UM Kendari harus terus membuktikan diri bahwa keadaan ini bukan penghalang bagi mereka untuk menyelesaikan sutudinya. Kita harapkan alumni bisa memberikan kontribusi penting di manapun nanti dia bekerja, serta tetap menjaga nama baik almamater kita tercinta,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, UMK secara institusi telah memperoleh akreditasi dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT. Hasil Akreditasi B tersebut telah mangangkat mutu Universitas Muhammadiyah Kendari sebagai Perguruan Tinggi Swasta satu-satunya di Sulawesi Tenggara memperoleh nilai Akreditasi B, sehingga hal ini membuktikan bahwa standar pengelolaan pendidikan di UMK telah setara dengan Perguruan Tinggi Negeri.

“Selain itu ada bebrapa Prodi yang telah mengalami perubahan akreditasi yaitu Administrasi Pendidikan (dari nilai B menjadi A), Program Studi Ilmu Hukum (dari nilai B menjadi A) dan Program Studi Ilmu Arsitektur (dari nilai C menjadi B). Akreditasi A pada dua program studi tersebut merupakan nilai Akreditasi A yang pertama pada seluruh PTS/PTN di Sulawesi Tenggara. Selain itu sebanyak 72,2% program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Kendari sudah terakreditasi B. Hal ini mengambarkan bahwa mutu program studi yang dibina UMK termasuk dalam kategori sangat baik,” ujarnya.

Tak lupa pula Amir Mahmud mengucapkan terima kasih kepada kepada orang tua atau wali wisudawan yang telah mempercayakan putra putrinya kepada Universitas Muhammadiyah Kendari untuk dididik.

“Saya atas nama Rektor UMK menghaturkan penghargaan setinggi tingginya Kepada semua pihak yang tak sempat kami sebutkan satu persatu, kesemuanya telah ikut membantu, mengantar UMK ini dalam kiprahnya mencerahkan, mencerdaskan dan memberdayakan umat dan anak bangsa menjadi kader persyarikatan, kader ummat dan kader bangsa,” pungkasnya. (cr5/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.