Uji Lintasan Tuntas, Operasi Feri Tondasi-Kasipute Tunggu Izin Gubernur

116

 

KMP Darma Kencana 1 yang baru tiba di perairan selat Tiworo, dalam uji lintasan rute Kasipute-Tondasi, Rabu (7/4/2021). Foto: Erik/Rakyat Sultra.

 

LAWORO – Kabar gembira bagi para pengguna jasa yang menggunakan jalur transportasi laut di pelabuhan Feri Tondasi Muna Barat (Mubar) menuju Kasipute Bombana. Akses disana bakalan segera dibuka dengan armada kapal yang baru, setelah berbulan-bulan terputus penyeberangannya.

Kapal Motor Penumpang (KMP) dengan nama Darma Kencana 1 itu, telah tuntas melakukan uji lintasan di rute tersebut. Kini, angkutan bus air itu, lempar sauh di Kasipute. Sementara pengoperasiannya, menunggu izin Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Menariknya, armada KMP Darma Kencana 1 ini, bukan hanya akan melayani Kasipute menuju Tondasi saja. Melainkan pula, ada rute baru yang akan dilalui. Rute tersebut yakni Tanjung Pising di Pulau Kabaena. Sehingga, trayek yang akan dilewati nanti, Tondasi-Kasipute kemudian menuju Tanjung Pising.

Kabid Angkutan dan Sarana Dishub Mubar, La Ode Mustafa Ama,PKB,SP,M.Si mengatakan, pengoperasian armada kapal Ferri tersebut, dipastikan pekan depan. Sebab, armada telah siap di Kasipute, tinggal menunggu izin gubernur saja.

“Karena ini, penyeberangan antar-kabupaten, maka yang tandatangan izinnya gubernur. Paling lambat Minggu depan. Karena, diurus izinnya itu sudah masuk di kantor PTSP provinsi, Minggu lalu,” kata Kabid Angkutan dan Sarana Dishub Mubar, La Ode Mustafa, usai menyaksikan uji lintasan di Pelabuhan Tondasi, Rabu (7/4/2021).

Persoalan jadwal, lanjut Mustafa, ditentukan pihak managemen kapal itu sendiri. Sebab, armada tersebut, akan melayani dua titik, dengan rute Kasipute-Tondasi. Kemudian, Kasipute-Tanjung Pising.

Berita terkait

“Terpenting kalau sudah ada izin operasi, tinggal mereka susun jadwal. Kan dua tempat ini. Kalau menuju Tondasi, kapalnya bermalam. Nanti besoknya baru berlayar lagi. Kalau menuju Tanjung Pising, akan kembali lagi. Karena, PP disana,” demikian Mustafa menjelaskan.

Mustafa menyampaikan, dek kapal Feri ini serba VIP. Sehingga dalam berlayar nanti, serba nyaman. Sementara, untuk kapasitas muatan, bisa mengangkut 6 unit truk ekspedisi, 8 unit roda empat, serta 50 unit motor. Dan penumpang itu kapasitasnya kurang lebih 180 orang.

“Saya kira sudah jelas, dengan dibukanya kembali, antusias masyarakat tinggi sekali. Dan itu, sudah terbukti dengan kapal sebelumnya,” tambah Mustafa.

Sementara, Supervisor ASDP Pelabuhan Ferri Tondasi Mashuri mengaku, uni lintasan yang dilakukan tak ada aktifitas bongkar muat. Pihak armada, hanya melakukan survei lintasan sebelum beriperasi. Kalau izinnya sudah terbit, maka peresmian pengoperasian KMP Darma Kencana 1, diselenggarakan di Tondasi.

“Kapasitas ini GT 1100. Informasinya, tiga kali dalam seminggu. Kapal stand by di Kasipute,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan beroperasinya kembali pelabuhan Tondasi, bisa meningkatkan kembali roda perekonomian, dengan jalur transportasi yang lancar dalam melayani rute Tondasi-Kasipute Bombana.

“Karena masyarakat kan inginkan inj. Apalagi, pengguna jasa di transportasi Tondasi. Saya kira itu yang diharapkan,” pungkas Mashuri. (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.