Begini Peran Umat Hindu di Koltim dalam Membangun Daerah

79

 

 

Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI saat menandatangani prasasti AWP Dwitawana Saraswati di Loea. Foto: Iwal/Rakyat Sultra.

 

TIRAWUTA – Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI, Dr. Tri Handoko Seto, S.Si, M.Sc, menyambangi Desa Tinomu, Kecamatan Loea, Sabtu (1/5). Rombongan dari pusat itu diterima langsung oleh Plt. Bupati Kolaka Timur (Koltim), Andi Merya Nur bersama jajarannya.

Kedatangan Dirjen ini dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) peresmian Adi Widya Pasraman (AWP) Dwitawana Saraswati yakni tempat pembelajaran formal setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk murid beragama Hindu.

Menurut Tri Handoko Seto, Pemda Koltim selama ini sangat memperhatikan seluruh umat tak terkecuali di dunia pendidikan. Komunikasi pemerintah pusat dan daerah terus dibangun, sehingga perkembangan fasilitas pembangunan semakin meningkat.

Terakhir, Tri Handoko menyampaikan, untuk selalu membangun kerukunan antar umat beragama sebagaimana dalam agama Hindu diajarkan bahwa seluruh dunia itu bersaudara, maka sesama umat manusia harus saling menjaga.

Sementara itu, Plt. Bupati Andi Merya Nur, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, juga untuk Kemenag atas bantuannya selama ini di Koltim, sehingga pembangunan terus dilakukan, salah satunya peresmian AWP Dwitawana Saraswati di Loea ini.

“Kami dari Pemda Koltim mengupayakan kedepan dapat memberikan bantuan anggaran untuk AWP di Koltim agar proses belajar mengajar lebih baik lagi,” ucap Plt. bupati.

Andi Merya mengakui bahwa masyarakat Hindu di Koltim selama ini telah banyak melakukan kontribusi terhadap daerah. Beberapa diantaranya menjabat di lingkup pemerintahan dengan menduduki posisi strategis bahkan sampai ke tingkat desa.

Di luar lingkup pemerintah, umat Hindu di Koltim memiliki kualitas yang baik, dimana masyarakatnya memiliki jiwa-jiwa pekerja keras, sehingga berdampak langsung terhadap pembangunan daerah, khususnya di sektor pertanian.

“Kemajuan Koltim ini tak lepas dari kontribusi masyarakat Hindu dengan semangat membangunnya yang tinggi. Hal ini pun menjadi motivasi untuk umat lain dan pemerintah untuk terus semangat membangun daerah agar lebih baik dan maju,” ungkapnya. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.