Besaran Zakat Fitrah di Koltim Terbagi Tiga Kategori 

84

 

 

Andi Merya Nur

 

TIRAWUTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) beberapa waktu lalu menggelar rapat bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kolaka timur, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Baznaz, membahas penetapan besaran zakat fitrah tahun 1442 Hijriah.

Plt. Bupati Koltim, Andi Merya Nur yang dikonfirmasi via aplikasi whatsapp, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat, ditetapkan besaran zakat untuk kategori beras yakni 3,5 liter perorang. Untuk para pengonsumsi jagung dan sagu juga 3,5 liter.

“Kategori ketiga yakni dalam bentuk uang tunai, dimana makanan pokok di kategori pertama beras dan kedua jagung dan sagu, dikonversikan menjadi uang senilai Rp35 ribu,” terangnya.

Orang nomor satu di Koltim ini, mengimbau kepada panitia zakat hingga ke pelosok, agar segera menyampaikan ke masyarakat terkait tunaian ini, sehingga seluruh umat muslim yang masuk kategori wajib berzakat, dapat melaksanakan amalan tepat waktu.

“Masyarakat juga sebisa mungkin menyetorkan zakat secepatnya, sehingga panitia dapat menyalurkannya ke fakir miskin serta kepada mereka yang berhak menerimanya, tepat waktu diakhir Ramadan,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh penceramah di masjid agar memberikan pemahaman dan mengingatkan masyarakat terkait kewajiban membayar zakat, agar motivasi masyarakat semakin tinggi.

“Zakat ini merupakan perintah langsung dari Allah untuk kita yang harus dikerjakan, tak ada bedanya dengan amalan puasa ramadan. Olehnya menjadi perhatian kita semua, termasuk panitia agar zakat agar ini segera terkumpul dan cepat disalurkan,” tutupnya. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.