BLT Covid-19 dari Dana Desa Cair Sebelum Lebaran

250

 

Zakaria Rasjid

 

LANGARA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memastikan pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2021 cair sebelum lebaran.

Kepastian cairnya BLT Covid-19 itu disampaikan Plt Kadis PMD Konkep Zakaria Rasjid saat dikonfirmasi via selular, Senin (3/5/2021). Kata ia, dari total 89 Desa di Konkep, baru 52 desa yang memenuhi syarat untuk mengajukan pencairan BLT tahap awal.

“Syarat untuk mengajukan BLT Covid-19 ini, terlebih dahulu desa mengajukan dua puluh persen pencairan dana desa reguler. Kemudian baru bisa mengajukan pencairan BLT, sementara pengajuan dana dua puluh persen ini, desa harus memiliki dokumen yang lengkap seperti APBDes, RKPDes maupun dokumen lainnya,” katanya.

Sehingga kata mantan Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Konkep itu, baru 52 desa tahap pertama yang bersyarat untuk mengajukan BLT karena dokumennya sudah lengkap.

“52 Desa Allhamdulillah sekarang sudah hampir 50 persen menarik dananya. Besok kami ajukan pencairan BLTnya, sehingga kami optimis penyalurannya bisa terlaksana sebelum lebaran,” terangnya.

Setelah itu, kata Zakaria. Menyusul pengajuan pencairan dana desa regular 20 persen tahap dua untuk 29 Desa, sehingga jika ditotalkan sudah 81 Desa yang sudah diajukan pencairan DD reguler, tersisa 8 desa lagi yang terkendala pengajuan pencairannya.

“Dari 89 Desa masih ada delapan desa yang sampai hari ini belum asistensi belum menyelesaikan APBDesnya. Seperti desa Pesue, dan desa Bukit Permai yang bermasalah kepala desanya, ditambah desa yang lambat bergerak. Yang jelas tetap kita dorong untuk lebih cepat,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.