Pemda Koltim Jaga Kesehatan Masyarakat Melalui KSD-SBM

7

 

Plt. Bupati Koltim, Andi Merya Nur saat memberikan KSD-SBM secara simbolis kepada masyarakat. Foto: Iwal/ Rakyat Sultra.

 

TIRAWUTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) beberapa waktu lalu meresmikan Kartu Sehat Daerah (KSD) Samsul Bersama Merya (SBM) yang diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu.

KSD-SBM ini menanggung seluruh biaya pelayanan kesehatan masyarakat Koltim dengan standar pelayanan kelas 3. Sasarannya yakni warga yang tidak masuk daftar peserta BPJS serta tidak terdaftar dalam Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kadis Kesehatan, Barwik Siraik yang diwawancarai beberapa waktu lalu, menjelaskan bahwa anggaran KSD-SBM merupakan perluasan dari program kesehatan yang sudah ada yang anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Koltim.

“Untuk jumlah keseluruhan yang pastinya belum ada karena saat ini masih dalam proses validasi data penduduk sekira 7.720 orang. Pastinya Dinkes terus berkoordinasi dengan Dinsos dan Disdukcapil,” ucapnya.

Senada dengan itu, Plt. Bupati Koltim, Andi Merya Nur mengungkapkan bahwa ia bersama almarhum bupati Samsul Bahri sebelum menduduki kursi eksekutif tertinggi, sudah membahas banyak program, salah satunya KSD-SBM ini.

Peluncuran kartu ini kata Andi Merya, merupakan komitmen Pemda Koltim terhadap masyarakat, sehingga tidak ada lagi alasan bagi warga yang kurang mampu untuk tidak mendapatkan perlindungan kesehatan.

“Bagi masyarakat, jangan ragu ke Puskesmas jika sakit dan selalu cek kesehatannya secara berkala. Pemerintah sebagai pelayan masyarakat, menjamin akan bekerja semaksimal mungkin,” tutup Andi Merya. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.