Sudah Masuk Rekening 123 Desa, Namun Dana Covid-19 Belum Bisa Dicairkan

230

 

Rustam

 

RAHA-Dana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebesar 8 persen dari jumlah Dana Desa (DD) telah masuk ke rekening 123 desa di Kabupaten Muna. Tersisa satu desa lagi yang belum ditransfer.

Kendati sudah masuk ke rekening desa masing-masing namun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) belum memberi rekomendasi untuk pencairannya.

Diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra, pekan kemarin Kepala DPMD Muna, Rustam mengatakan, penggunaan dana Covid-19 disesuaikan dengan zonasi, dimana saat ini terjadi perubahan zonasi Covid-19 di Muna dari zona merah ke zona hijau.

Dengan demikian kata dia, dana Covid-19 belum bisa dicairkan, menunggu surat edaran (SE) dari Kementerian Desa. Hal itu sesuai dengan petunjuk dari Dirjen Kementerian Desa.

“Ada isu bahwa DPMD tak mau memberi rekomendasi pencairan dana Covid-19. Bukan tidak mau diberi rekomendasi tapi saya sudah diinformasikan dari kementrian bahwa penggunaan dana Covid-19 disesuaikan dengan zonasi. Penggunaan dana covid-19 di zona merah akan berbeda peruntukannya dengan zona hijau. Jadi menurut ibu Dirjen, dana Covid-19 disave dulu, bisa jadi dana covid-19 ini akan dialihkan untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) melalui APBDes Perubahan,” jelasnya.

Rustam menjelaskan, semangat penggunaan dana Covid-19 tahun ini adalah untuk pemulihan pasca Covid-19. Dengan demikian, masyarakat miskin di desa yang namanya tak tercantum dalam Data Terpadu Keserasian Sosial (DTKS), bisa disentuh melalui kegiatan PKTD.

“Masyarakat miskin yang masih kuat secara fisik dan namanya tak masuk dalam DTKS Kemensos, bisa diberdayakan melalui PKTD. Mereka digaji per hari sehingga roda perekonomian bisa terus berjaan,”pungkasnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.