Destinasi Wisata Jembatan Lingkar Lapoili Busel Masuk Nominasi API Awards 2021

321

 

Jembatan lingkar Lapoili Kabupaten Busel yang masuk nominasi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021. Foto: Kominfo Busel.

 

BATAUGA- Memperkenalkan potensi kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) gencar melakukan sosialisasi dan promosi.

Kali ini, promosi destinasi wisata kembali digalakkan oleh Pemkab Beradat itu dengan ikut serta dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Busel, Haeruddin melalui Kapala Bidang promosi, Suriati menuturkan Pemkab Busel telah 2 tahun berturut-turut berpartisipasi dalam ajang API Awards yang diselenggarakan oleh pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Dimana, di tahun 2021 ini Pemkab Busel dengan jembatan lingkar Lapoilinya masuk nominasi sebagai salah satu destinasi wisata kreatif di Indonesia.

“Jembatan lingkar Lapoili ini dibangun Pemerintah Desa Wawoangi, Kabupaten Busel dengan menggunakan dana desa. Dimana dalam pembangunannya itu dilakukan secara bertahap sejak tahun 2018 dan menjadi salah destinasi wisata di Busel ini,” tuturnya.

Kata dia, setelah masuknya jembatan lingkar Lapoili sebagai nominasi 10 besar destinasi wisata kreatif, pihaknya kemudian tengah membuat video deskripsi jembatan lingkar Lapoili. Dimana, video dan narasinya akan diajukan kembali kepada panitia untuk dikemas menjadi video promosi agar mendapat penilaian melalui vote.

“Kalau vote itu dimulai sejak 1 Juli 2021 hingga Oktober 2021 ini dan penilaiannya murni melalui jumlah vote terbanyak. Kalau mau mendukung jembatan lingkar Lapoili ini agar menjadi pemenang diajang ini maka semua dapat mendukung dengan cara sms ketik API 15E kirim ke 99386 atau dapat pula melalui aplikasi YouTube, Instagram dan facebook,” tambahnya

Dia menambahkan, dari 14 nominasi yang akan dilombakan, Pemkab Busel hanya mengajukan 6 nominasi saja untuk diikut sertakan. Namun sayang, dalam penilaian oleh pihak panitia API Awards, Pemkab Busel hanya dapat masuk disatu kategori saja yakni destinasi wisata kreatif.

“Awalnya kita mengajukan pada 6 kategori yakni destinasi wisata kreatif yang diwakili oleh Jembatan Lapoili, situs sejarah yang kita pilih adalah mesjid tua Wawoangi dan kategori surga yang tersembunyi kita ajukan pulau Liwutongkidi dan pantai Lakadao. Dikategori dataran tinggi ada teluk Labulengke, kategori ekowisata terpopuler kita andalkan wisata jeruk siompu dan destinasi wisata baru kita mengajukan pantai tampano one,” jelasnya

Untuk diketahui, pada ajang API Awards 2020 Pemkab Busel berhasil masuk nominasi 5 besar dalam kategori dataran tertinggi. Dimana, Pemkab Busel mengajukan Bukit Lamando Kecamatan Sampolawa Kabupaten Busel. (m2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.