Ketika Pemkot Baubau Menggali Potensi Wisata demi Peningkatan Kesejahteraan

48
Fasilitas yang disajikan untuk para pengunjung Pantai Nirwana Kota Baubau.

BAUBAU – Sebagai salah satu daerah penyangga ekonomi Sultra, Kota Baubau menyimpan pula segudang potensi wisata yang tengah dieksploitasi menjadi kawasan wisata.

Kawasan wisata yang dieksploitasi tersebut menjadi icon tersendiri bagi Pemkot Baubau dalam meningkatlan kesejahteraan rakyat, bahkan yang tidak kalah pentingnya menjadi sumber pendapatan devisa negara.

Di tangan dingin Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, Kota Baubau kini disulap sebagai daerah wisata alternatif yang semula hanya mengandalkan sektor jasa dan perdagangan semata.

Dengan sejumlah inovasi yang ditawarkan, kini wajah Kota Baubau menjadi salah satu daerah dengan kunjungan wisatawan tertinggi dibanding daerah-daerah lain di Sultra.

Misalnya, Pantai Nirwana yang menjadi primadona seluruh lapisan masyarakat Kota Baubau saat menghabiskan waktu senggangnya.

Kawasan Mangrove di Kota Baubau

Hamparan pasir putih dan lautan yang biru membawa setiap pengunjung seakan berada di Nirwana (surga).

Selain menawarkam sejumlah keindahan pantainya, lokasi wisata tersebut juga memberikan sejumlah fasilitas yang cukup lengkap, dimulai saat memasuki Pantai Nirwana akan disambut oleh pintu gerbang menuju pantai. Sepanjang jalan masuk ke pantai telah tersedia berbagai fasilitas seperti, kafetaria, arena bermain anak, dan layanan sewa perahu, bahkan layanan permainam banana boat.

Selain itu pula, para pengunjung juga dijamu dengan hadirnya gazebo tepat dibibir pantai yang dibuat oleh Pemerintah Kota Baubau. Gazebo yang didesain sesuai dengan kekhasan daerah menambah indahnya Pantai Nirwana Kota Baubau itu.

Dari Pantai Nirwana para pengunjung juga dapat menyaksikan kapal-kapal, baik kapal penumpang atau kapal dagang yang akan atau sedang bersandar di pelabuhan Murhum Kota Baubau.

 

Hamparan pasir putih serta pemandangan sunset memanjakan mata para pengunjung Pantai Nirwana Kota Baubau.

Saat senja menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana tidak kalah memesonanya seperti saat siang hari. Kerlap-kerlip lampu yang menyala di daerah tetangga yang tepat berada didepan pantai terlihat sangat indah dan membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis.

“Pantai Nirwana Kota Baubau sering disebut sebagai pantai surga karena panorama air laut yang menakjubkan, Hamparan pasir putih yang mempesona bahkan diyakini air laut di Pantai Nirwana bisa digunakan untuk terapi. Maka tidak heran setiap hari libur Pantai Nirwana selalu dipadati pengunjung,” tutur Kadis Pariwisata Kota Baubau, Ali Arham,

Kata dia, Kelebihan dari Pantai Nirwana adalah air lautnya terbilang sangat jernih yang dikelilingi daerah perbukitan. Para pengunjung daapt menikmati sunset saat menjelang petang dengan suasana yang sangat indah. Indahnya sunset yang diipadukan pemandangan perahu-perahu nelayan tentu akan memanjakan para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Kota Baubau.

Selain Pantai Nirwana, Kota Baubau jugaberikam wahana wisata alam hutan manggrove. Lokasi tersebut cukup ideal bagi para pengunjung yang hendak memanjakan mata dengan hparan hutan yang hijau. Untuk mencapai kawasan wisata tersebut aksesnya cukup mudah dari pusat Kota Baubau. (adv-m1/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.