Sekot Kendari Ingin ASN Harus Berintegritas dan Produktif

48

 

Sekretaris Kota Kendari, Hj Nahwa Umar (kanan) dan Kadis Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum

 

KENDARI – Sekretaris Daerah Kota (Sekot) Kendari Hj. Nahwa Umar SE. MM menginginkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menjunjung tinggi integritas dan produktif dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Hal ini diungkapnya, saat menutup Workshop Laboratorium Kepemimpinan Berintegritas yang diinsiasi Inspektorat Kota Kendari, di salah satu hotel Kota Kendari, baru-baru ini.

“Kehidupan kita kedepanya tentu semakin kompleks dan kompetitif olehnya kepala OPD dituntut siap menghadapi perkembangan teknologi serta mengatasi segala persoalan yang ada di masyarakat,” cetunsya.

Untuk menghadapi perkembagan tersebut, lanjut mantan Kepala BP2RD Kota Kendari, dapat dilakukan dengan meningkatkan integritas dan produktifitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Nahwa.

Sementara itu, terkait materi pemetaan potensi keunggulan daerah dalam warkshop ini, katanya OPD diharuskan memiliki nilai-nilai keunggulan dan internalisasi produktifitas, membangun integrasi budaya organisasi, agen perubahan ASN, sistem dan kepemimpinan berbasis itegritas, produktifitas, pengendalian resiko dan pengukuran strategi integritas dan produktifitas.

“Dengan begitu, tujuan dari workshop untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan disegala bidang dengan struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif dapat terwujud,” terangnya.

Selain itu melalui workshop ini juga, sambung Nahwa, sudah membuat rencana aksi pembuatan panduan galeri unggulan berbasis integritas produktifitas yang akan diturunkan ke eselon yang berada di bawah sebagai lanjutan dari workshop membangun keunggulan berbasis integritas dan produktifitas lingkup Pemerintah Kota Kendari.

“Diharapkan empat nilai yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yaitu spritual, integritas, profesional dan kolaborasi dapat di aplikasikan di lingkungan sehari-hari maupun lingkungan kerja. Apabila nilai-nilai tersebut telah ditanamkan pada diri masing-masing, maka dalam menetapkan apa yang menjadi potensi dari daerah Kota Kendari akan lebih mudah, serta lebih fokus menetapkan langkah-langkah inovasi yang akan dilakukan dalam membangun keunggulan Kota Kendari,” cetusnya.

Sementara itu fasilitator kegiatan Ryan Utama mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya membangun keunggulan Kota Kendari.

“Kita ingin melihat bagaimana grand desain Kota Kendari kedepan. Materi terkaitnya adalah, bagaimana merumuskan keunggulan, yakni kita melakukan pemetaan terkait keunggulan-keunggulan komperatif dan keunggulan yang sudah ada itu kita diskusikan, kemudian keunggulan kompetitif seperti apa yang memang dibuat dan yang paling penting bagimana keunggulan ini terkait dengan ke khasan atau keunikan yang ada di Kota Kendari,” ujar Ryan.

Ia berharap setelah workshop akan ada agenda aksi terkait rencana strategis apa saja yang akan dibuat terkait keunggulan daerah ke depannya. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.