Wujudkan Indonesia Maju, Pemdes Tani Indah Ikut Pelatihan Digitalisasi Desa di Kendari

45
Kepala Desa Tani Indah (lima dari kanan) foto bersama dengan Kadis PMD Kabupaten Konawe Keny Yuga (ke delapan dari kanan) usai pembukaan kegiatan pelatihan digitalisasi desa di Kendari.

 

UNAAHA – Kecanggihan teknologi informasi saat ini sangat membantu pemerintah khususnya kepada pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang lebih maksimal dan lebih dekat kepada masyarakat. Pun demikian dengan pemerintahan desa.

Oleh karenanya Desa Tani Indah Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe juga telah memanfaatkan Sistem Informasi Desa  (SID), yaitu sebuah aplikasi yang dimanfaatkan untuk mengelola berbagai data yang ada di desa, untuk mendukung pelayanan desa.

Sehingga Desa Tani Indah turut andil dalam kegiatan pelatihan digitalisasi desa dengan tema “Digitalisasi Desa Mewujudkan Transformasi Menuju Indonesia Maju” yang berlangsung di Hotel Claro Kendari batu baru ini.

Kepala Desa Tani Indah, Muh Juslan yang dihubungi Rakyat Sultra mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah program Nasional yang dilakukan untuk upaya memperluas kemitraan guna pembangunan desa. Sehingga dengan adanya aplikasi ini semua masyarakat khususnya di Desa Tani Indah dapat melihat perkembangan pembangunan desa dimana pun ia berada.

Dirinya menuturkan, di kegiatan ini, selain diikuti oleh dirinya pribadi ia juga membawa Sekdes Tani Indah dan juga operator Desa. Kata dia, peserta pelatihan diuji coba dalam pelayanan surat menyurat lingkup pemerintah desa.

“Saya berharap dengan kegiatan ini Admin desa bisa mengelola website dengan baik dan konsisten. Agar masyarakat itu tidak usah lagi ke kantor untuk menyurat atau membuat surat-surat keterangan lainnya, biar dia berada di mana bisa meminta pelayanan,” katanya.

Dirinya mengatakan salah satu produk dari aplikasi Sistem Informasi Desa adalah Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa (SIMPELDesa). Simpeldesa merupakan aplikasi sistem pelayanan desa berbasis web yang terintegrasi dengan smartphone.

Simpeldesa memberikan solusi peningkatan administrasi, pelayanan publik, pelayanan dasar sosial berbasis digital dan meningkatkan ekonomi desa melalui bisnis partisipatif dengan pola padat karya digital untuk dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui Badan Usaha Milik Desa.

“Dengan adanya aplikasi Simpeldesa ini, maka menjadikan pemerintah desa lebih efektif dan efisien, lebih transparan tentunya. Kemudian menjadikan layanan publik lebih baik dan lebih akuntabel, menjadikan warga lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembangunan desa, dan warga dapat memperoleh akses informasi desa lebih baik,” ungkapnya. (cr2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.