Pemdes Latawe Gagas Kampung Nelayan

75
Jatul

 

LAWORO – Pemerintah Desa (Pemdes) Latawe, Kecamatan Napanokusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) mulai menggagas kampung nelayan. Hal itu, sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat yang menggeluti sektor perikanan. Apalagi, daerah yang terletak di bagian utara Bumi Praja Laworo itu, mayoritas pelaut.

Saat ini, pemerintah setempat sementara mendesain perencanaan kebutuhan masyarakat nelayan, mengidentifikasi awal apa yang menjadi keinginan sesuai dengan tingkat kebutuhan.

“Sekarang kita bentuk kampung nelayan. Sumber daya ada. Karena masyarakat Latawe mayoritas nelayan. Dan ini langkah awal mewujudkan nelayan mandiri dengan sasaran agar saat melaut, ramah lingkungan,” kata Kades Latawe saat ditemui di kantor Pemkab Mubar, Selasa (13/7/2021).

Jatul menjelaskan, kampung nelayan yang dibentuk, nantinya menjadi wadah bagi masyarakat nelayan, dalam pengembangan sosial ekonomi ke depan. Makanya, infrastruktur penunjang kampung nelayan, bakalan dibangun pula.

“Nanti, kalau ada masyarakat nelayan yang membutuhkan peralatan, cukup berurusan pada kampung nelayan. Karena ini, sebagai wadahnya. Ke depan juga akan terkoneksi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Termasuk, instansi terkait di kabupaten serta lembaga lembaga lain yang bergelut di dunia perikanan,” terangnya.

Ia berharap, dengan terbentuknya kampung nelayan, ada kemajuan pada masyarakat, khususnya nelayan. Dengan menitikberatkan pada sasaran pemenuhan kebutuhan ekonomi.

“Jadi, kita mulai genjot pengembangannya. Termasuk, budidaya kepiting rajungan dan ikan kerapu. Tapi, semua butuh proses,” tandasnya. (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.