Pemkab Koltim Tuntas Susun KLHS-RPJMD Tahun 2021-2026

71
Bupati Koltim, Andi Merya Nur saat menandatangani berita acara penjaminan kualitas KLHS. Foto: Iwal/Rakyat Sultra.

 

 

  • TIRAWUTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah selesai menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

Kepastian itu ditandai dengan penandatanganan berita acara penjaminan kualitas KLHS-RPJMD, oleh Bupati, Andi Merya Nur, didampingi Sekda, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, dan para pimpinan OPD, di Aula Bappeda Koltim, Senin (5/7/2021). Bappeda Sultra dan Kolaka turut hadir dalam kegiatan.

Dalam pidatonya, bupati menyampaikan bahwa KLHS-RPJMD ini dilaksanakan dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah.

Dokumen KLHS ini pun diselesaikan sesuai tahapan dan mekanisme yang berlaku, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan KLHS, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS dalam penyusunan RPJMD.

Dalam regulasi itu, dijelaskan bahwa pemerintah wajib menyusun KLHS untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar yang terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah, dan kebijakan, rencana dan program (KRP).

Menurut Srikandi Koltim ini, substansi dokumen KLHS dianggap baik dan menjadi rekomendasi beberapa pihak, termasuk masyarakat, demi pembangunan daerah yang lebih baik lima tahun kedepan, sesuai visi SBM AMAN.

“Ada 10 misi SBM yang terintegrasi dengan dokumen ini. Ini diharapkan sesuai apa yang menjadi kehendak masyarakat kabupaten Kolaka Timur,” tutup kosong satu Koltim ini. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.