Perpustakaan Terapung Wawatu Konsel Siap Hadapi Penilaian Lomba Tingkat Nasional

39
Persiapan penilaian lomba perpustakaan desa nasional di Perpustakaan Terapung Desa Wawatu, Konawe Selatan. Foto: IST. 

 

ANDOOLO – Perpustakaan terapung “Panre Dilao” di Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dipercayakan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada Lomba Perpustakaan Desa (LPD) tingkat nasional pada Agustus 2021 mendatang.

Penunjukkan perpustakaan Panre Dilao itu setelah menjuarai jenis lomba yang sama pada level provinsi yang dihelat pekan lalu.

Tentunya kesempatan itu tidak disia-siakan Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel di bawah nahkoda Bupati, H Surunuddin Dangga ST MM. Hingga kini, Pemda Konsel terus mematangkan persiapan untuk mengikuti lomba bergengsi tersebut.

Kesiapan ditunjukkan dengan melakukan pembenahan, pembinaan dan monitoring pada lokasi perpustakaan yang akan mengikuti lomba.

Seperti kegiatan pada Jumat (16/7/2021) pekan lalu dengan mengadakan rapat pemantapan yang dipimpin Staf Ahli Bupati Konsel, Ir Agussalim.

Kegiatan dihadiri sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel dan Kadis Perpustakaan Pemprov Sultra, Nur Saleh dan Humas DSSP, Bambang.

Dikesempatan itu Kadis Perpustakaan Provinsi Nur Saleh menyampaikan beberapa hal dalam persiapan lomba, seperti pentingnya dukungan program berupa peningkatan perkumpulan komunitas penggiat pembaca buku yang tinggal diperpustakaan.

Selain itu, perlunya inovasi dalam peningkatan perpustakaan yg dilakukan oleh pengelola dan komunitas perpustakaan.

“Sembari berharap Wawatu bisa menjadi terbaik pada lomba tingkat nasional ini,” tukas Nur Saleh.

Sementara, Staf Ahli Bupati Konsel, Agussalim menyampaikan jika Desa Wawatu siap menghadapi lomba dan menyatakan optimisnya jika desa tersebut dapat menyabet juara nasional. Hal itu didukung dengan persiapan yang telah dilakukan Pemda Konsel atas perintah Bupati Surunuddin. Seperti menyiapkan sarana dan prasarana pendukung lomba melalui sinergitas kompak antar-OPD.

“Pertemuan hari ini bagian dari proses untuk mencari solusi dan menciptkan inovasi dalam menghadapi lomba, Tentunya berdasarkan kesiapan yang ada kita mampu menghasilkan yang terbaik, sehingga yakin dan optimis Desa Wawatu bisa mengharumkan nama Konsel di Tingkat Nasional,” tegas Agussalim yang juga mantan Kadis Ketahanan Pangan Konsel.

Tak ketinggalan, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel Nana Diana mengatakan, dalam menghadapi lomba ia bersama jajaran telah mempersiapkannya dengan matang, termasuk melaksanakan pembinaan pada masyarakat pesisir sekitar lokasi Perpustakaan Terapung berdiri.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfo Konsel Anas Mas’ud juga turut menyokong kegiatan, ia mengatakan akan mendukung penuh lomba dengan menyiapkan aplikasi perpustakaan digital berbasis website guna kelancaran dan menambah literasi sumber referensi pustaka terbaik, terlengkap, murah dan mudah diakses oleh masyarakat manapun di tengah krisis wabah covid-19.

Sebelumnya Desa Wawatu ditetapkan sebagai pemenang LPD Tingkat Provinsi Sultra, selanjutnya berhak mewakili Sultra pada LPD Tingkat Nasional di Jakarta. Penetapan Berdasarkan SK Kadis Perpustakaan dan Arsip Pemprov Sultra, Nur Saleh, S.Pd., MM. Pub Nomor 34 Tahun 2021 tertanggal 07-07-2021. (ram/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.