Sasar Kampung Nelayan, Bold Riders Kendari Tebar 120 Paket Daging Kurban

93
Suasana penyembelihan daging kurban

KENDARI, rakyatsultra.com– Idul Adha 1442 H menjadi ajang bagi 20 komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Kendari untuk berkolaborasi dalam kegiatan kurban. Mereka membagikan paket daging kurban kepada masyarakat kurang mampu di sebuah kampung nelayan yang tepatnya berada di Kelurahan Petoaha, Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Komunitas motor tersebut adalah KB2C, HSFCI, HAI, HASOI, YAK, DSONC, RCCK, NRFC, SCOOLA, YHACK, VOAC, SMC, RKC, MOSTER, CSC, YMCM, RCK, ICB, HYSK, dan CVC yang tergabung dalam Bold Riders Kendari. Para komunitas tersebut terlibat langsung dalam proses kegiatan, mulai dari pemotongan, membungkus daging kurban, hingga mendistribusikan kepada warga yang berhak.

La Ode Nafsahu selaku Koordinator Bold Riders Kendari menuturkan tersebut berhasil mengumpulkan donasi untuk menyumbangkan 1 ekor sapi, yang kemudian berhasil terkumpul 120 paket daging kurban. Mereka mencoba memberikan dampak positif ke masyarakat dan juga menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan.

“Selain berinisiatif untuk memberikan bantuan paket daging kepada warga di kampung nelayan, anak motor tersebut juga menunjukkan caranya peduli lingkangan dengan membungkus daging menggunakan daun jati,” Ujar La Ode yang akrab disapa Uca, Kamis (23/7/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Pembagian daging kurban oleh tim Bold Riders Kendari.

Program sosial ini melibatkan sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.
Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (rls/ags)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.