Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa, Unsultra Laksanakan Lomba Cerdas Cermat

88
Foto bersama Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun dengan para peserta lomba. Foto: Dirma/Rakyat Sultra.

 

KENDARI – Sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar para siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD), Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) melaksanakan lomba Cerdas Cermat Sains Tingkat SD se-Kota Kendari pada hari Rabu (30/6/2021) di Gedung WTC Unsultra.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun mengungkapkan, ia sangat bangga dan mengapresiasi para mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan lomba cerdas cermat tingkat SD di Kota Kendari dalam rangka meningkatkan motivasi belajar para siswa di tengah pendemi Covid-19.

Untuk itu, ia menyampaikan kepada para mahasiswa untuk terus kreatif dan inovatif.

Lanjutnya, kegiatan ini sangat positif sekali  di dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. Oleh karena itu kontribusi mahasiswa melalui kegiatan ini sangat memberikan semangat kepada para siswa. Selain itu, ini menjadi momentum untuk menjalin kebersamaan antara para orang tua, guru, siswa dan perguruan tinggi dalam rangka mencerdaskan anak-anak bangsa melalui kegiatan lomba. 

“Kegiatan ini tentu memberi suatu harapan bagi generasi muda. Untuk itu saya menginginkan pelaksanaan kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan bukan hanya sekadar di tingkat kota saja tetapi ranah provinsi atau nasional bahkan tidak menutup kemungkinan level ASEAN,” ungkapnya.

Prof Andi Bahrun mengatakan, ia menyadari bahwa proses pendidikan saat ini kurang berjalan bagus, sehingga diperlukan sebuah kerja sama agar anak-anak bangsa bisa cerdas, dan mewujudkan Sultra bangkit serta Indonesia maju. Dibutuhkan kebersamaan dan Soliditas terutama dalam dunia pendidikan.

Berita terkait

Sambungnya, pelaksanaan kegiatan seperti ini tidak meski dilakukan hanya oleh FKIP saja tetapi fakultas lain juga bisa melakukan kegiatan serupa dengan konsep yang berbeda tetapi berdasarkan bidang keilmuan masing-masing. Ia mendorong fakultas lain untuk melakukan sebuah inovasi yang dapat meningkatkan kualitas generasi muda saat ini.

“Saya melihat antusiasme para siswa yang sangat semangat dalam mengikuti lomba. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan ditingkatkan ke ranah yang lebih besar. Selain itu juga kita harus mendorong para mahasiswa untuk terus melakukan Inovasi dan mengembangkan kemampuannya guna melahirkan kegiatan-kegiatan atau produk yang mampu meningkatkan kemampuan generasi muda saat ini,” ujarnya.

Wakil Dekan FKIP, Dr. Kasmawati M.Pd menjelaskan, kegiatan yang saat ini dilakukan adalah lomba Cerdas Cermat Sains tingkat SD di Kota Kendari dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Karena selama satu tahun di masa pandemi ini para anak-anak hanya tinggal di rumah dan tidak kemana-mana. Tentunya mereka pasti merasa jenuh, oleh itu melalui kegiatan ini pihaknya ingin membangkitkan lagi semangat belajar para siswa.

“Meski pelaksanaan kegiatan dilakukaan secara langsung, tapi kami dan peserta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam kegiatan ini  ada 7 sekolah dengan jumlah 14 tim yang ikut dan akan berlangsung selama 2 dua hari. Selain itu juga, ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh FKIP Prodi PGSD,” terangnya.

Lanjutnya, sebenarnya kegiatan ini merupakan implementasi dari MoU yang dilakukan oleh Unsultra dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. Disamping kegiatan ini merupakan salah satu gerakan yang dilakukan mahasiswa dari Prodi PGSD. Untuk materinya sendiri adalah matematika dan IPA.

“Ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh FKIP Prodi PGSD, untuk itu kita berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan terus menerus secara berkala hingga bisa menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Prodi PGSD setiap tahunnya,” pungkasnya. (cr5/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.