Tanda Hp Kamu Disadap

77

Rakyatsultra.com, — Sering gunakan aplikasi WhatsApp? Hati-hati, akun kita bisa disadap oleh orang yang berniat buruk. Aplikasi WhatsApp sering digunakan untuk berkomunikasi. Apakah teman-teman juga? Misalnya untuk mengobrol dengan teman, menanyakan tugas sekolah, atau bahkan untuk group chat kelas.

Karena dipakai oleh banyak orang inilah, banyak orang juga yang berniat buruk dengan cara menyadap WhatsApp seseorang.

Menyadap menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mendengarkan (merekam) informasi (rahasia, pembicaraan) orang lain dengan sengaja tanpa sepengetahuan orangnya.

Kalau percakapan berkaitan dengan rahasia pribadi, bisa gawat, kan? Karena itu, cari tahu tanda-tanda WhastApp yang disadap, yuk!

Berikut tanda-tanda WhatsApp kita disadap, bersumber dari Kompas.com:

1. Chat dalam Keadaan Terbaca, Padahal Belum Dibuka

Apakah teman-teman pernah mengalaminya? Untuk lebih memastikannya, sebaiknya teman-teman perhatikan apakah kejadian ini berlangsung satu kali atau berulang-ulang.

Kalau kejadian ini sering terjadi, sebaiknya kita harus waspada.

2. Muncul Pesan yang Dikirim Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Apakah teman-teman pernah membuka WhatsApp dari laptop atau komputer? Cobalah teman-teman lihat riwayat atau history akses saat memakai WhatsApp Web pada sebuah web browser.

Berita terkait

Kalau teman-teman melihat ada browser yang tidak kamu kenali, kemungkinan ini tanda WhatsApp kamu disadap.

3. Tiba-Tiba WhatsApp Log Out dengan Sendirinya

Apakah WhatsApp-mu pernah tiba-tiba log out atau keluar dengan sendirinya?

Ini berarti WhatsApp kita sudah berpindah ke perangkat lain. Biasanya ini bisa terjadi kalau kita memberikan kode One Time Password atau OTP ke orang lain.

Pada dasarnya, satu akun WhatsApp hanya dapat digunakan pada satu perangkat mobile saja.

Kalau ingin berpindah perangkat atau ponsel, perlu OTP yang akan dikirim ke nomor pemilik akun. Jadi, jangan berikan kode OTP-mu ke siapapun, ya.

4. Adanya Aplikasi Mencurigakan di Ponsel

Terakhir, coba teman-teman periksa lagi aplikasi yang ada di ponsel. Apakah ada aplikasi yang tidak kamu kenali atau merasa tidak kamu install?

Bisa jadi, ini adalah media yang digunakan penyadap untuk mengintip percakapan atau informasi yang ada di WhatsApp. (p2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.