GPMB Kendari Optimis Dengan Literasi Mampu Mencerdaskan dan Sejahterakan Seluruh Lapisan Masyarakat

92
Ketua GPMB Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd, M.Si didampingi seluruh pengurus GPMB Kota Kendari, di Gedung Media Center Rujab Walikota Kendari. Kamis (16/9/2021)

KENDARI — Rapat Kordinasi Nasional dan Musyawarah Pimpinan Nasional (Rakornas dan Muspimnas)  Ke-1 Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Ketua umum GPMB, Dr. Tjahyo Suprajogo, M.Si di Jakarta. Kamis (16/9/2021)

Rakornas dan Muspimnas tersebut diikuti oleh Ketua GPMB Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd, M.Si didampingi seluruh pengurus GPMB Kota Kendari, di Gedung Media Center Rujab Walikota Kendari.

Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom tersebut dihadiri oleh hampir seluruh pengurus GPMB dan pegiat literasi baik di tingkat pusat maupun daerah.

Tjahyo menyampaikan tahun 2021 GPMB telah berusia 20 tahun, sebuah usia yang cukup dewasa untuk berkarya lebih baik dalam peningkatan minat baca masyarakat. “Oleh karena itu, seluruh pengurus daerah harus kompak dan berkomitmen kuat dalam mengemban misi mulia ini, demi generasi penerus bangsa kita mendatang,” ujar Tjahjo.


Pada kesempatan tersebut,  Ketua GPMB Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd, M.Si.,
menyampaikan, bahwa melalui kegiatan ini, seluruh bidang sudah menyusun program kegiatan yang main pointnya bagaimana kemudian masyarakat, khususnya masyarakat kota Kendari memiliki minat baca dan menjadi budaya semua lapisan Masyarakat

” Tidak hanya untuk peserta didik tapi untuk seluruh lapisan Masyarakat membudayakan kebiasan membaca ini sebagai aktivitas sehari hari,” katanya.


Lanjut Ketua TP-PKK Kota Kendari itu mengatakan, membaca merupakan jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Berita terkait

“Membaca ini merupakan sarana untuk mengetahui segala hal, membaca ini menjadi jendela dunia untuk mengetahui segala yang terjadi baik itu yang terjadi di sekitar kita maupun skala nasional dan internasional,” ujarnya

 

Kata dia, dengan hadirnya GPMB di Kota Kendari nantinya  mampu mendorong anak-anak didik menjadi lebih cerdas dan sejahtera. Karena dengan membaca dapat memperluas wawasan, mempertajam gagasan dan meningkatkan kreativitas mereka. “Maka tidak heran seseorang yang gemar membaca dengan keluwesan wawasannya tentu akan sangat jelas arah bicaranya, tajam gagasan dan ide yang disampaikannya dan kreatif dalam mengemas kata baik pada saat berbicara maupun menyajikannya dalam karya tulis,” ucapnya.

Istri orang nomor satu di Kota Kendari itu menambahkan, Program-program GPMB sangat baik karena berbanding lurus dengan Ilmu Pengetahuan dan wawasan. Untuk itu, Ketua GPMB Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain menerangkan bahwa GPMB Kota Kendari saat ini tengah melakukan langkah-langkah awal dalam menumbuh kembangkan minat baca di seluruh lapisan masyarakat

“Bagaimana kemudian minat baca ini tersosialisasikan ke Masyarakat, nanti akan ada pojok baca dan kita juga akan menghidupkan kembali perpustakaan di setiap sekolah agar ruang baca ini menjadi lebih familiar,” ujar Sri Lestari

Dirinya pun berharap anak-anak dan masyarakat khususnya di Kota Kendari menjadi tau ketika minat baca bertambah maka knowledgenya pun ikut berkembang.

“Mudah-mudahan GPMB Kota Kendari ini benar-benar bisa berkiprah dan memberikan manfaat pada masyarakat, sehingga masyarakat merasakan kehadiran GPMB dengan tumbuh dan berkembangnya minat baca,” tutupnya

Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) merupakan organisasi sosial independen yang didirikan pada 25 Oktober 2001 di Istana Bogor yang diprakarsai oleh Perpustakaan Nasional RI, Departemen Pendidikan Nasional, Perpustakaan Daerah yang berada di Provinsi, IKAPI, dan Masyarakat Perbukuan. Tepatnya pada tanggal 27 September 2021 mendatang GPMB Kota Kendari resmi dikukuhkan dan akan mengemban tugas selama periode 2021-2025. (P2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.