Ispektorat dan Diskominfo Kota Kendari Sosialisasi aplikasi e-Proksi ke OPD

39

 

Sekretaris Inspektorat Kota Kendari, Eni Misni Arwati, SE., M.Si saat menyosialisasikan e-Proksi di Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Kendari. Foto:IST.

 

KENDARI – Sebagai upaya mencegah korupsi sejak dini, Inspektorat bersama Dinas Kominfo Kota Kendari menyosialisasikan aplikasi e-Proksi pada organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Rabu (15/9/2021).

Dikesempatan ini, Sekretaris Inspektorat Kota Kendari, Eni Misni Arwati memaparkan secara detail tatacara penggunaan layanan pada aplikasi e-Proksi yang berlangsung di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari.

“Tujuan dan harapan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kota Kendari terkait aplikasi e-Proksi khususnya pada OPD Inspektorat Kota Kendari adalah melakukan pencegahan sejak dini dari perilaku korupsi maupun perilaku yang tidak bertanggungjawab yang dapat merusak citra, wibawah, maupun merusak akhlak sehingga nilai-nilai integritas terdegradasi,” ungkapnya.

“Dengan demikian maka harus dipastikan bahwa e-Proksi harus terintegrasi kepada seluruh OPD sehingga lebih mudah mengendalikan perilaku yang mengarah pada Korupsi, disamping itu juga menjabarkan visi misi Wali Kota Kendari sebagai Kota “layak huni yang berbasis ekologi, Informasi dan teknologi,” tambah Eni.

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota, Junaidin mengatakan, kehadiran aplikasi e-Proksi adalah langkah maju yang telah di ambil oleh Pemkot Kendari dalam hal penyelenggaraan pemerintahan.

Menurutnya, dalam aplikasi e-Proksi terdapat Konsep yang sangat bagus dan aktif dalam rangka melaksanakan suatu kegiatan seperti dapat mencegah korupsi.

” Tentu harapan kami, agar secepatnya dilaksanakan, agar semua yang menjadi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pemerintahan bisa segera teratasi,” cetusnya.

Di tempat terpisah Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, menjelaskan, e-Proksi adalah sebuah inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintah di Kota Kendari, dilakukan dalam rangka pemantauan dan pencegahan korupsi.

“Inovasi di kembangkan oleh Inspektorat Kota Kendari dengan harapan, baik ASN maupun masyarakat umum bisa memantau kinerja pemerintahan utamanya dalam hal pencegahan korupsi serta layanan publik lainnya,“ terang Syarifuddin.

Diketahui, untuk lebih memudahkan sosialisasi tersebut menjangkau seluruh OPD lingkup Pemerintah Kota Kendari, tim di bagi menjadi 3 (tiga) yakni untuk Tim I di Ketuai Hj. Sennatang melangsungkan sosialisasi Pada Dinas Pemadam Kebakaran, Tim II di Ketuai oleh Muhammad Tahir, Bapenda dan Bappeda. Sementara, Tim III di Ketuai oleh Rozady Zainuddin, Puskesmas Puuwatu dan Puskesmas Labibia. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.