Kadikbud Sultra Masuk Terbaik PKN II LAN RI 

31
Kadikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD saat melaporkan perkembangan Proper Perau Gadik kepada Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH.

 

 

KENDARI – Perau Gadik adalah akronim dari Penataan dan Pemerataan Guru dan Tenaga Kependidikan yang merupakan sistem informasi penataan dan Pemerataan Guru dan Tenaga Kependidikan PNS, yang digunakan untuk memetakan dan mendistribusikan guru PNS secara merata sesuai dengan aturan dan kebutuhan pada satuan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Asrun Lio MHum PhD menerangkan, berdasarkan data Dapodikmen, jumlah sekolah di lingkup Dikbud Provinsi Sultra sebanyak 416 sekolah negeri dan swasta, dengan jumlah kebutuhan guru PNS sebanyak 10.914 guru, namun guru yang ada berjumlah 9.598.

Kondisi yang terjadi di Sultra, lanjut mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini,tenaga guru lebih banyak di sekolah negeri favorit atau negeri di kota, sedangkan di daerah pedesaan atau terpencil kekurangan guru.

“Hal ini menggambarkan dengan jelas bahwa ada guru yang berlebihan di suatu sekolah dan ada sekolah yang kekurangan guru. Ini disebabkan pendistribusian guru yang tidak sesuai dengan kebutuhan minimal dan tidak sesuai dengan rasio guru dan murid, tidak sesuai dengan rasio guru dan sekolah, tidak sesuai rasio guru dan wilayah. Akibatnya, kebutuhan guru tidak terpenuhi karena guru lebih banyak berada pada sekolah kota, tetapi di sekolah yang terpencil kekurangan guru,” papar Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini.

Di Sultra, lanjut peraih predikat terbaik dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan IX 2021, pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN RI, jumlah guru terbanyak terdapat pada Kabupaten Muna dan Kota Kendari. Sementara di kabupaten lain masih kekurangan guru. Secara umum, jumlah guru menumpuk pada ibu kota kabupaten, sementara di daerah-daerah pelosok masih sangat kekurangan.

 

Kadikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD (kiri) bersama Kapus litbang KMP LAN, Dr Andi Taufik MSi (tengah) dan Sekda Prov Sultra, Dr Nur Endang Abbas SE MSi (kanan)saat mengunjungi stand Pameran Proper Perau Gadik di Makassar.

 

“Untuk itu, melalui inovasi Perau Gadik ini akan ada proses pemindahan atau pemutasian guru maupun tenaga pendidik, yang tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan dipindahkan oleh sistem dengan dasar pertimbangan tertentu,” ucap orang nomor satu di jajaran Dikbud Sultra ini.

Pria kelahiran Buton pada 25 Mei 1968 ini melanjutkan, adapun cara kerja sistem tersebut dibagi ke dalam tingga tujuan, yakni jangka pendek, menengah, dan panjang. Jangka pendek yakni terintegrasinya data ril profil sekolah, daftar GTK persekolah, peta GTK per sekolah, dan gabungan daftar GTK di dua kota yakni Kendari dan Baubau. Selanjutnya tersedianya peta GTK di Kota Kendari dan Baubau, serta terbitnya Pergub tentang penataan dan pemetaan GTK.

Lulusan Cumlaude S1 Pendidikan Bhs Inggris UHO Tahun 1990 melanjutkan, tujuan jangka menengah yakni terintegrasinya data ril profil sekolah, daftar GTK per sekolah, peta GTK per sekolah, dan gabungan daftar GTK di 10 kabupaten di Sultra. Kemudian terlaksananya percepatan penataan dan pemetaan GTK SMA/SMK dan SLB di 10 kabupaten di wilayah Sultra.

Adapun tujuan jangka panjang, masih dia, yakni terciptanya satu sistem pemetaan GTK yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan pendistribusian GTK, serta terlaksananya percepatan penataan maupun pemerataan guru PNS SMA/SMK dan SLB di seluruh wilayah Sultra.

“Jadi Perau Gadik merupakan suatu sistem informasi penataan dan pemerataan guru dan tenaga kependidikan PNS, yang bisa digunakan secara mudah, praktis, cepat, dan akurat. Tentu, insya allah bagi semua pihak yang mengharapkan terwujudnya kualitas pendidikan yang baik melalui pendistribusian guru dan tenaga kependidikan merata di Sultra, akan mendukung pelaksanaan sistem inovasi ini,” harap pria lulusan S2 Linguistik Unhas Makassar ini. (rls/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.