Sambut Mahasiswa Baru, Unsultra Laksanakan PKKMB

14

 

 

Suasana para mahasiswa baru Unsultra yang mengikuti PKKMB. Foto: Dirma/Rakyat Sultra.

 

KENDARI – Menyambut Mahasiswa baru angkatan 2021, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) melaksanakan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Kebanggsaan yang dilakukan pada  Senin (13/9/2021) dengan sistem Blended.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun mengungkapkan, pelaksanaan PKKMB Kebangsaan yang dilakukan ini tentu sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun penyelenggaraannya di luar dari harapan kita, tetapi karena kondisi pandemi saat ini yang tidak memungkinkan sehingga pelaksanaan dilakukan secara sistem Blended, dimana ada yang virtual dan offline.

Lanjutnya, meskipun pelaksanaannya dilakukan secara sistem Blended tetapi semua berjalan dengan lancar.  Terlihat antusias para mahasiswa yang mengikuti PKKB. Kemudian ada beberapa narasumber yang diundang seperti dari BIN Pusat, Polda Sultra, Korem serta BEM Nusantara.

“Pelaksanaan PKKMB ini merupakan gelombang pertama yang dilakukan,  rencananya akan diadakan gelombang kedua yang akan dilaksanakan. Hal ini dilakukan karena masih ada peserta KIP kuliah. Untuk PKKMB kedua kita akan lakukan variasi materi yang berbeda,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, setelah PKKMB universitas akan dilanjutkan lagi oleh fakultas. Untuk pelaksanaannya sendiri fakultas yang tentukan, namun pihaknya sudah sepakati bahwa dilakukan secara virtual dan dilaksanakan di tiap-tiap fakultas. Yang pasti fakultas yang kelola, apakah mereka menghadirkan narasumber yang baru atau mengundang alumninya, tetapi kita arahkan mereka untuk mengikuti ketetapan menteri pendidikan dan mengikuti protokol kesehatan.

“Yang pasti pelaksanaan utama dilaksanakan 1 hari full pada hari ini, tetapi masih ada materi fakultas. Namun untuk pelaksanaan sendiri kita serahkan kepada fakultas masing-masing merekalah yang mengatur hari pelaksanaannya. Karena kegiatan itu dilaksanakan di fakultas sehingga yang bertanggung jawab adalah dekan, tentu kita inginkan tidak ada hal-hal yang terjadi ataupun melanggar aturan-aturan yang ada,” ujarnya.

Ia juga menerangkan, untuk jumlah mahasiswa keseluruhan yang terdaftar di Unsultra sampai saat ini ada sekitar 500 lebih, dan yang ikut pada PKKMB saat ini ada sekitar 300 lebih. Sehingga 200 lebih mahasiswa yang tidak ikut akan di ikutkan pada gelombang kedua nanti.

“Adapun jumlah mahasiswa yang diterima sampai hari ini ada sekitar 500 lebih. Ada kemungkinan jumlah siswa masih terus meningkat sampai 600 karena pendaftaran masih terus berlanjut sampai tanggal 20 September ini. Selain itu masih ada Prodi baru yang belum didata mahasiswa barunya kerena jurusan tersebut baru di bukan di tahun ini,” pungkasnya. (cr5/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.