Bupati Konut Evaluasi Kinerjanya OPD melalui SAKIP

94

 

Bupati Konut, H. Ruksamin saat membuka kegiatan evaluasi dan pendampingan SAKIP tahun 2021 di Kendari. Foto: IST.

 

WANGGUDU-Bupati Konawe Utara H. Ruksamin membuka kegiatan evaluasi kinerja OPD melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) Konawe Utara (Konut) tahun 2021 yang digelar di Kota Kendari.

SAKIP merupakan sistem integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran, pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian persiapan evaluasi SAKIP dan Reformasi Berokrasi (RB) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Bupati H. Ruksamin, dalam sambutannya berharap melalui kegiatan tersebut setiap OPD dapat menuju SAKIP ke predikat yang lebih baik.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai evaluasi dan perbaikan kinerja OPD menuju SAKIP Konut ke predikat yang lebih baik. Terget saya nilai BB, kalau hari ini kepala OPD tidak mencapai BB maka gugurkan, ” tegasnya, Kamis, (7/10/ 2021).

Bupati juga menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan ini.

Pertama, meningkatkan komitmen para pemimpin dalam pembangunan SAKIP dengan memantau kinerja berkala.

Kedua, rekomendasi untuk mereview kembali kualitas perencanaan yang ada dalam dokumen RPJMD, Renstra, PK, dan IKU Kepala Daerah.

Ketiga, meningkatkan kualitas penyajian informasi dalam laporan kinerja di OPD, dengan menyajikan analisis yang memadai terkait penyebab tidak tercapainya target kinerja. (p3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.