Dinkes Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah DBD

23
drg Rahminingrum.

 

KENDARI – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum mengajak masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal ini disampaikannya saat dimintai keterangan sejumlah awak media usai menghadiri peringatan Hari Rabies Sedunia 2021 yang dirangkaikan dengan vaksinasi Rabies gratis di Balai Karantina Pertanian Kendari.

“Total kasus 147, total kematian 3 kasus (tahun ini, red). Tapi memang dari total jumlah kasus yang sekarang relatif lebih rendah dari kasus-kasus tahun sebelumnya,” ungkap Rahmi sapaan akrab Kadinkes.

DBD sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Kadinkes berharap kedepan kasus DBD terus mengalami penurunan, namun harus dibarengi dengan kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya.

“Mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya DBD di Kota Kendari bisa turun karena kesadaran masyarakat terhdap lingkungan lebih baik. Kalau kita tidak mau kota kita itu endemis DBD, ya seluruh masyarakat Kota Kendari harus menjaga lingkungan, baik di dalam rumah maupun di luar rumah,” cetus orang nomor satu di Dinkes Kota itu.

Diakhir wawancara, Kadinkes mengajak seluruh masyarakat agar memastikan tidak memelihara jentik nyamuk penyebab DBD.

“Pastikan kita tidak memelihara jentik nyamuk. Kalau ada kasus di Kota Kendari, artinya ada virus dengue tapi kalau tidak ada nyamuknya tidak bakalan terjadi proses penularan, itu yang harus kita jaga peran serta masyarakat berantas sarang nyamuk,” pungkas Kadinkes. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.