Dosen FHIL UHO Lakukan Bimtek Penyemaian dan Penyapihan Kayu Putih ke KTH Rumbia

26

 

Tim dosen FHIL UHO saat menjelaskan teknik penyemaian dan penyapihan ke Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kelurahan Poea. Foto: Herdy/Rakyat Sultra.

 

RUMBIA – Tim Dosen Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) memberikan bimbingan teknis (bimtek) penyemaian dan penyapihan ke Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kelurahan Poea, Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana, Selasa (5/10/2021).

Masyarakat, utamanya kelompok tani antusias mengikuti bimtek yang diketuai Dr Faisal Danu Tuheteru itu. Bahkan, dihadiri langsung Wakil Ketua DPRD Bombana Ir Ardi A. SP MP, Lurah Poea Sahirul SP MSi dan jajaran Kesatuan Pengolahan Hutan (KPH) Unit X Tina Orima.

Anggota tim PKM, Albasri Shut MSi, menjelaskan, PKM ini dilatarbelakangi oleh pandemi Covid-19 yang memunculkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan tumbuhan yang berpotensi menjadi tumbuhan obat salah satunya Kayu Putih.

“Permasalahan yang dihadapi yakni keterbatasan pengetahuan dan penguasaan teknologi budidaya kayu putih yang dihadapi KTH binaan Kesatuan Pengolahan Hutan (KPH) Unit X Tina Orima di Kelurahan Poea, Kecamatan Rumbia Tengah,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Albasri, melalui pendekatan pelatihan dan bimbingan teknis budidaya Kayu Putih bagi KTH dilaksanakan dengan metode transfer teklologi.

Albasri berharap, ke depan Bombana, khususnya Kecamatan Rumbia Tengah bisa menjadi sentra pengembangan Kayu Putih. Mengigat, Bombana potensial untuk pengembangannya.

“Bombana potensial untuk sentra pengembangan Kayu Putih. Bimtek ini berlangsung satu hari saja karena memang ini memberikan pengarahan masyarakat mulai dari ekstraksi benih sampai kemudian bibit dipindahkan ke polibag,” pungkas Albasri.

Sementara itu, Ketua Tim PKM, Dr Faisal Danu Tuheteru, mengucapkan terima kasih kepada LPPM UHO, termasuk seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PKM tersebut.

“Tim pengabdian mengucapkan terima kasih kepada Ketua LPPM dan Dekan FHIL UHO, Lurah Poea, KTH Permata Bombana dan fasilitator KPH Tina Orima,” singkat Danu.

Anggota tim PKM lainnya yakni Prof Dr Ir Husna MP, Dr Basrudin, Asrianti Arif SP MSi dan Albasri SHut MSi. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.