H. Belli Jabat Pj. Sekda Sekaligus Plh. Bupati Koltim

67

 

Wagub Sultra, Lukman Abunawas melantik H. Belli saat dilantik sebagai Pj. Sekda Koltim, Rabu (6/10/2021).

 

TIRAWUTA – Pemegang tongkat eksekutif tertinggi di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) silih berganti, sejak akhir September lalu. Andi Muhammad Iqbal Tongasa yang menjabat Plh. bupati pada Kamis (23/9/2021), kini digantikan H. Belli.

H. Belli yang menduduki kursi Kepala Biro Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), dilantik menjadi Pj. Sekda Koltim, oleh Wakil Gubernur (Wagub) Lukman Abunawas, di Aula merah putih Rujab Gubernur Sultra, Rabu (6/10/2021).

Dalam sambutannya, Wagub Sultra menjelaskan, Masa kepemimpinan Muhammad Iqbal selaku Pj. Sekda, sejatinya telah berakhir pada 6 September lalu, merujuk pada Permendagri Nomor 91 Tahun 2019, tentang Penjabat Sekda.

“Antara lain mengamanatkan bahwa dalam hal bupati/walikota tidak melantik Pj. Sekda kabupaten/kota dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 3, gubernur melantik Pj. Sekda kabupaten/kota,” terangnya.

Menurut Lukman, jabatan Sekda mempunyai peranan yang sangat penting, karena berkewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan dengan dinas, badan, dan lembaga teknis, serta unit pelaksana lainnya.

“Oleh karena itu, dengan fungsi yang demikian, maka Sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah,” ucapnya.

Citra pemerintahan Kabupaten Koltim, sangat banyak ditentukan oleh Sekda dalam melaksanakan tugasnya. Olehnya, Wagub meminta kepada H. Belli agar dapat menghayati peran dan fungsinya itu.

Dalam melaksanakan tugasnya nanti, H. Belli diharapkan mampu memberikan kontribusi yang benar untuk mendinamiskan organisasi Pemkab Koltim, yakni mengemban tugas administratif, meningkatkan kemampuan penyelenggaraan otonomi daerah, serta membangun koordinasi yang produktif.

Selain menduduki Pj. Sekda, H. Belli juga diberi amanah selaku Plh. Bupati Koltim. Hal ini tertuang dalam Surat Gubernur Sultra Nomor 131.74/4423.

Gubernur dalam suratnya, menjelaskan bahwa penunjukkan ini merupakan hasil tindak lanjut dari Telegram Mendagri Nomor T.356/6121/Otda tanggal 23 September 2021, tentang penugasan Sekda sebagai Plh. Bupati Koltim.

“Sambil menunggu keputusan Mendagri RI tentang penunjukkan Pj. Bupati Koltim, maka Pemprov Sultra Pj. Sekda sebagai Plh. Bupati Koltim,” jelas Gubernur dalam suratnya.

Gubernur juga menegaskan, dengan dikeluarkannya surat ini, maka penugasan kepada Andi Muhammad Iqbal Tongasa sesuai Surat Nomor 131.74/4162 sejak 22 september lalu, dinyatakan tidak berlaku lagi. (p1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.