Ingin Mengenal Kerajaan Muna, Ikuti Ekspedisi Benteng Kerajaan Wuna

278
Hadi Wahyudi.

 

RAHA-Kerajaan Muna (Wuna) adalah salah satu kerajaan yang pernah eksis di nusantara. Jejak sejarahnya pun masih ‘terlukis’ abadi di beberapa situs sejarah yang ada di daratan Pulau Muna, salah satunya adalah benteng Kerajaan Wuna sepanjang delapan kilometer yang diklaim sebagai benteng terluas di dunia.

Lokasinya berada di eks pusat pemerintahan Kerajaan Muna yang dikenal masyarakat sebagai Kota Wuna.

Rencananya, Minggu 31 Oktober 2021 mendatang, Komunitas Pemerhati Budaya Warisan Suku Muna (Kambawuna) bersama UPTD Museum dan Taman Budaya Kabupaten Muna akan menyelenggarakan ekspedisi benteng kerajaan Wuna jilid III.

Diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra, Kamis (14/10/2021), Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kabupaten Muna, Hadi Wahyudi mengatakan kegiatan ini terbuka untuk umum.

“Semua kalangan bisa ikut dalam ekspedisi ini. Peserta hanya menyiapkan fisik, dan bekal untuk mengikuti kegiatan ekspedisi ini,” ucapnya.

Hadi menerangkan, ekspedisi ini adalah kali ketiga digelar sejak tahun 2018, untuk memperkenalkan sekaligus memunculkan kecintaan masyarakat Muna khususnya para generasi muda terhadap budaya dan warisan Kerajaan Muna.

“Kegiatan ini kita gelar untuk menumbuhkan kecintaan kita terhadap budaya dan sejarah Muna, sehingga generasi kita tetap melestarikan nilai-nilai budaya dan tidak lupa dengan sejarah,” harapnya.

Selain melihat kondisi benteng Kerajaan Muna, tim ekspedisi yang akan dipimpin langsung oleh Ketua Komunitas Kambawuna, Adi Munardi Kuti juga akan mengunjungi situs-situs Kerajaan Muna lainnya, seperti Mesjid Kota Muna, makam para raja-raja Muna, dan situs-situs lainnya di lokasi tersebut.

Hadi mengatakan, ekspedisi ini sangat penting untuk melihat kondisi terkini Benteng Kerajaan Muna yang diperkirakan dibangun sejak ratusan tahun yang lalu.

“Benteng Kerajaan Wuna butuh revitalisasi. Kondisi benteng 70 persen masih utuh, sebahagian lagi sudah banyak yang rusak akibat ditumbuhi pepohonan,”pungkasnya. (sra/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.