Kawasan Kuliner Pantai Laino Masuk Dalam Rencana Pengembangan Wisata Kota Raha

60
Kawasan Kuliner di Pelelangan Laino. Ditempat ini, pengunjung bisa menikmati  makanan khas Muna, Lapa-Lapa dan Ikan Bakar. Foto: INT.

 

RAHA-Berwisata, menikmati keindahan pinggir pantai tak perlu jauh-jauh. Kota Raha memiliki keindahan pantai yang bisa dijadikan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat kota, mulai dari Lagasa, Laino hingga Motewe.

Teranyar, wisata kuliner pantai Laino masuk dalam rancangan peraturan daerah (raperda) Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Muna.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, Amiruddin Ako mengatakan bahwa kawasan kuliner pantai Laino sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata kuliner Kota Raha.

Bahkan lokasi yang ikonik dengan suguhan ikan bakar dan makanan tradisional ini banyak diminati wisatawan, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Jika dikelola dengan baik, maka kawasan sangat berpotensi menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Terkait rencana tersebut, anggota Komisi III DPRD Muna, Sumiadin menyarankan agar fasilitas, sarana dan prasarana khususnya akses jalan masuk ke kawasan tersebut dibenahi sehingga pengunjung bisa mendapatkan kenyamanan.

Demikian pula dengan persoalan kebersihannya, juga harus diperhatikan dengan baik. “Ini harus ditindaklanjuti dengan koordinasi lintas sektor. Dinas PU soal jalan menuju ke lokasi, dan Dinas Lingkungan Hidup soal pengelolaan kebersihan di lokasi,”saran Sumiadin.

Pengembangan kawasan kuliner Pantai Laino juga memantik ketertatikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Muna, Andi Sapri. Ia bertekad akan mendorong pemerintah daerah untuk menggelar pertemuan lintas SKPD terkait untuk membahas pengembangan wisata kuliner Pantai Laino.

“Kita akan tindak lanjuti dengan rapat kerja dengan instansi lain, sebab Dinas Pariwisata tidak bisa bekerja sendiri untuk mengembangkan kawasan kuliner Pantai Laino, ” tegasnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.