Pemkab Butur Susun Dokumen Kebudayaan Daerah

53

 

 

Suasana FGD yang dihelat oleh Pemkab Butur.

 

BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyusun dokumen pokok-pokok Pikiran Pemajuan Kebudayaan Daerah (PPKD). Penyusunan PPKD tersebut sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan.

Penyusunan PPKD  itu dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas).

Salah satu tahapan proses penyusunan dokumen ini dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD). FGD itu baru saja selesai dilakukan pada Selasa (12/10/2021). Giat yang digelar di Aula Bappeda Butur tersebut dibuka langsung oleh Bupati Butur, Ridwan Zakariah.

Ridwan Zakariah dalam sambutannya menuturkan Buton Utara memiliki keragaman budaya dengan sejumlah adat istiadatnya. Hal itu tentunya perlu dipertimbangkan untuk dilindungi, dikelola dan diperkuat.

“Lahirnya pokok pikiran pemajuan kebudayaan Buton Utara nanti akan menjadi bagian solusi dari peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buton Utara,” jelasnya.

Ridwan berharap, kerja sama seperti ini dapat dilanjutkan pada tahun yang mendatang, baik dalam bentuk penelitian ataupun dalam bentuk pengabdian masyarakat.

“Dan lebih penting lagi bahwa akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Butur,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bappeda Butur, Harmin Hari, menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah yang konsen untuk memajukan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan di Buton Utara, juga untuk melaksanakan Permendikbud 45 tahun 2018.

“Output dari kegiatan ini akan bermuara pada terealisasinya Dokumen Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) Kabupaten Buton Utara yang merupakan dasar pertimbangan dalam penyusunan program pembangunan daerah sektor pariwisata dan dalam penyusunan rencana pengembangan objek wisata secara lebih mendetail,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Butur, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Para Kepala OPD terkait, Asisten dan Staf Ahli Pemkab Butur serta para tokoh dan lembaga adat. (r3/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.