Pemkab Muna Diminta Bentuk UPTD Damkar di Wilayah Tongkuno, Parigi dan Kabawo

64

 

Awal Jaya Bolombo. 

 

RAHA-Peristiwa kebakaran Pasar Wakuru pada Selasa (5/10/2021) malam memantik perhatian dan keprihatinan sejumlah pihak. Salah satunya, Ketua Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna, Awal Jaya Bolombo.

Selain mendorong Pemerintah Kabupaten Muna untuk membantu para korban kebakaran, Awal Jaya Bolombo juga meminta agar Pemkab Muna membentuk UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) di wilayah Tongkuno Raya, Parigi dan Kabawo agar mobil Damkar bisa secepatnya menjangkau wilayah-wilayah tersebut jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa kebakaran.

Pasalnya, jarak tempuh wilayah Tongkuno Raya dengan Kota Raha sebagai pusat ibukota Kabupaten Muna cukup jauh, memakan waktu sekitar dua jam lebih. Terbukti, saat kebakaran terjadi di Pasar Wakuru sekitar pukul 23.00 Wita, mobil pemadam kebakaran baru tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 01.00 Wita.

“Namanya musibah tidak diminta-minta. Tetapi untuk mengantisipasi ketika terjadi peristiwa serupa, perlu dibentuk UPTD Damkar di tiga wilayah ini,” pintanya.

Menurut AJB, pembentukan UPTD ini bisa dilakukan, mengingat Damkar saat ini telah menjadi satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Permintaan tersebut juga disuarakan oleh masyarakat Tongkuno saat rapat tatap muka dengan Wakil Bupati Muna, Drs H Bachrun di Balai Desa Lahontohe Kecamatan Tongkuno, Rabu (6/10/2021). Masyarakat mengharapkan agar Pemkab Muna juga menempatkan mobil Damkar di wilayah Tongkuno Raya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.