Pemkot Bakal Tambah Nilai Bantuan ZIS Petugas Kebersihan

12

 

 

Wali Kota Kendari menyerahkan bantuan zakat infak sedekah pada petugas kebersihan. Foto: IST.

 

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal menambah nilai bantuan Zakat Infak dan Sedekah petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari.

Bantuan sebesar Rp 250 ribu perorang ini dikumpulkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari dari dana yang disetorkan ASN setiap bulan.

Tahun depan Baznas bakal menambah jumlah bantuan yang diserahkan pada petugas kebersihan menjadi Rp 500 ribu per orang.

Rencana penambahan nilai bantuan itu, mendapat dukungan dari Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Menurutnya penambahan dilakukan untuk membantu para petugas kebersihan yang kerjanya cukup berat.

“Alhamdulillah dana zakat kita tahun ini sudah melampaui Rp 1 miliar, walaupun target saya lebih dari Rp 2 miliar tahun ini supaya lebih banyak lagi orang yang mendapat program, lebih banyak lagi yang tersentuh dan tertolong,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini berharap, bantuan zakat yang diterima dibawa pulang ke rumah dan dibelanjakan untuk kebutuhan rumah tangga dan tidak disalahgunakan.

Ia pun menyampaikan terimakasih atas kerja keras dan semangat para petugas kebersihan yang selalu menjaga kebersihan Kota Kendari.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Kendari, Alimuddin menjelaskan tahun 2021 ini terjadi peningkatan jumlah zakat yang diterima Baznas, sehingga banyak program yang bisa dikerjakan.

Menurut dia, kesuksesan pengumpulan zakat Baznas tak lepas dari peran dan dukungan Wali Kota Kendari.

“Bapak wali kota sangat mengharapkan pada semua ASN agar supaya rela dan ikhlas mengeluarkan zakat, infaq dari gaji mereka untuk disetor ke Baznas dan Baznas menyalurkan kembali kepada penerima, kami buatkan banyak program,” terang Alimuddin.

Selain bantuan tunai, Baznas juga menyediakan bantuan usaha bagi pelaku usaha mikro dan kecil, termasuk bedah rumah. Bantuan Baznas terhadap petugas kebersihan ini merupakan tahap kedua sebanyak 183 orang dari total 730 orang seluruhnya. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.