14 Desa di Busel Gelar Pilkades Serentak Akhir Pekan Ini

12
La Siambo

 

BATAUGA- Gelaran akbar pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Buton Selatan akan digelar akhir pekan ini, Minggu (28/11/2021).

Sejumlah persiapan sudah dilakukan Pemkab Beradat itu untuk menyukseskan ajang politik tingkat desa inj.

Dimulai dari kesiapan panitia pemungutan suara bahkan, pencetakan kertas suara bahkan pembentukan TPS pun tengah dipersiapkan.

Selain itu pula, koordinasi dengan pihak keamanan baik itu TNI/Polri serta Satpol-PP terus dikerahkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan, La Siambo menuturkan pemilihan kepala desa di 14 desa se-Kabupaten Busel merupakan tindak lanjut atas peraturan Bupati Buton Selatan nomor 23 tahun 2021.

Di mana, kepala desa di masing-masing desa tersebut telah memasuki akhir masa jabatannya bahkan ada sejumlah desa yang hanya dijabat oleh pelaksana kepala desa yang diambil dari pemerintah kecamatan.

Berita terkait

“Sejumlah tahapan Pilkades ini sudah dilakukan. Dimulai dari pendaftaran/penjaringan calon, penetapan nomor urut bahkan pencetakan surat suara sudah dilakukan. Tingga gelaran akbarnya akan diselenggarakan serentak di hari Minggu kedepan ini,” tuturnya.

Kata dia, dalam pencetakan nomor urut, pihaknya memastikan adanya kertas suara tambahan untuk mengantisipasi kertas suara itu rusak. Di mana, persentase jumlahnya itu dipastikan 10 persen dari wajib pilih didesa tersebut.

“Kertas suara sudah dicetak setelah pencabutan nomor urut pada 7 November 2021. Meski terbilang waktu yang cukup singkat, namun pihak percetakan memastikan menyanggupinya untuk menyediakan kertas suara tersebut sebelum hajatan Pilkades itu diselenggarakan,” tambahnya.

Dia menambahkan, dalam gelaran nantinya yang dihelat dimasa pandemi Covid-19, pihaknya dimungkinkan akan menerapkan pembagian waktu pemungutan suara. Dimana, bila desa tersebut memiliki jumlah pemilih lebih dari 500 peserta maka akan dibagi 2 sesi.

“Kita harus patuhi protokol kesehatan karena saat ini kita melaksanakan Pilkades serentak ditengah pandemi Covid-19 melanda negara kita. Jadi kita wajibkan pemilik suara dalam menyalurkan pilihannya di TPS nanti harus menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan,” jelasnya.

Untuk diketahui, desa yang menghelat Pilkades yang masuk dalam cakupan hukum Polres Baubau diantaranya Desa Wacuala, Desa Tadoasa dan Desa Batu Atas Liwu. Selain itu pula, Desa Baana Bungi, Desa Waonu dan Desa Lipu serta Desa Baana Bungi Selatan. Sementara untuk wilayah hukum Polres Buton yang menggelar Pilkades yakni Desa Bahari I, Desa Gerak Makmur dan Desa Tiira, Desa Burangasi Rumbia, Desa Lapandewa Jaya, Desa Molona dan Desa Lalole. (m2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.