45 Calon Kadis di Pemkot Baubau Ikut Asesmen

13
Abdul Rahman

 

BAUBAU- Sebanyak 45 calon pejabat tinggi pratama lingkup Pemerintah Kota Baubau mengikuti asesmen di salah satu hotel di Kota Baubau, Rabu (24/11/2021). Asesmen yang digelar hingga tiga hari itu dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau, Abdul Rahman menuturkan dalam tahapan seleksi jabatan tinggi pratama di lingkup Pemkot Baubau tentunya para peserta wajib hukumnya mengikuti asesmen.

Di mana, setelah tahapan asesmen oleh pihak LAN Makassar kemudian masuk tahap pengumuman tiga besar oleh panitia seleksi.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dimulai dari tahap pendaftaran dilanjutkan dengan proses seleksi berkas, tahap wawancara atau penulisan makalah. Selain itu pula, para calon pejabat tinggi Pratama ini juga harus mengikuti uji asesmen yang dilakukan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN), yang kemudian masuk tahap pengumuman tiga besar untuk instansi yang dilamar,” tuturnya

Kata dia, di tahap pengumuman nanti, panitia seleksi kemudian membuat laporan hasil seleksi pimpinan tinggi pratama lingkup Pemkot Baubau yang ditujukan kepada KASN.

Nantinya KASN akan mengeluarkan rekomendasi hasil atas seleksi terbuka yang digelar oleh panitia seleksi sebagai dasar untuk dilakukan pelantikan.

“Rekomendasi KASN itu nantinya ditujukan kepada Wali Kota Baubau, DR H AS Tamrin MH. Di mana kemudian menunjuk salah satu dari tiga nama hasil rekomendasi KASN untuk dikukuhkan menjadi pejabat tinggi pratama diinstansi yang dilamarnya,” tambahnya.

Dia menambahkan, dari 45 calon kadis itu akan memperebutkan 8 kursi jabatan diinstansi yang saat ini tengah mengalami kekosongan pejabatnya. Yakni, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Koperasi UKM dan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Saat ini semua instansi itu masih diisi oleh pelaksana tugas. Jadi untuk mengisi kekosongan jabatan diinstansi tersebut maka seyogyanya kita harus buka seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) untuk menempatkan pejabat defenitifnya,” jelasnya.

Saat ditanya kepastian pelantikan jabatan tinggi Pratama lingkup Pemkot Baubau itu, pihaknya justru tak inginengandai-ngandai. Pasalnya, semua itu tergantung keputusan Walikota Baubau yang didasarkan atas rekomendasi hasil oleh KASN.

“Kita upayakan setelah dikukuhkan 3 besar oleh KASN maka kita upayakan melantik pejabatnya. Kalau jadwal lelang ini kita tetapkan sampai 30 Desember 2021 ini. Paling lama awal Januari 2022 Insya Allah sudah ada pejabat devenitifnya 8 instansi ini,” tutupnya. (m2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.