Pemkab Muna Konsentrasi Tingkatkan PAD

99

 

Drs H Bachrun, M.Si

 

RAHA- Pemerintah Kabupaten Muna akan memaksimalkan potensi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk mendongkrak pendapatan daerah. Wakil Bupati Muna, H Bachrun mengatakan, Pemkab Muna kini konsentrasi untuk meningkatkan PAD.

Kendati belum menyebut target peningkatan PAD tahun 2022 mendatang, namun Bachrun sudah melakukan rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenai pengelolaan sumber-sumber PAD di Kabupaten Muna.

“Saya harus pelajari dulu, berapa target PAD sebelumnya, capaiannya berapa dan selisihnya berapa serta potensi kemungkinan yang bisa berkembang seperti apa,” ucapnya.

Ia menyebut, salah satu potensi sumber PAD yang bisa ditingkatkan adalah pajak tanah atau PBB. Pasalnya, nilai pajak tanah di Muna sudah 15 tahun tak mengalami penyesuaian tarif, padahal nilai jual tanah di Muna terus mengalami peningkatan.

“Misalnya saja pajak tanah, kalau ini ditingkatkan, maka PAD kita pasti meningkat,” katanya.

Demikian dengan sektor-sektor PAD lainnya, Pemkab Muna akan menginventarisasi sumber-sumber PAD yang potensial untuk ditingkatkan nilainya. Kendati akan menyesuaikan tarif pada objek pajak, namun Bachrun mengatakan, kenaikkan pajak tak akan menimbulkan efek kejut kepada masyarakat.

“Naiknya pelan-pelan, masyarakat tak boleh dikejutkan dengan kenaikan pajak, “pungkasnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.