Bupati Busel Tekankan Pilkades Serentak Harus Berjalan Damai

33
Laode Arusani

 

BATAUGA- Hajatan pemilihan kepala desa di 14 desa se-Kabupaten Buton Selatan 2021 dimungkinkan akan berlangsung cukup sengit.

Betapa tidak, persaingan menjadi orang nomor satu di desa itu menampilkan para kader-kader terbaik yang tentunya telah memiliki rekam jejak (track rekord) mempuni yang tidak mungkin diragukan lagi.

Selain menampilkan petahana, sejumlah desa di Buton Selatan itu juga menampilkan kader-kader muda potensial yang menginginkan pembaruan. Akibatnya, potensi gesekan masing-masing pendukung calon kades dalam hajatan 6 tahunan itu sangat mungkin terjadi.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Busel menggelar deklarasi damai sebagai wujud komitmen para calon kades. Di mana, masing-masing calon kades wajib menjaga keamanan dan ketertiban demi suksesnya Pilkades serentak 2021 di Buton Selatan.

Berita terkait

Bupati Buton Selatan, Laode Arusani menuturkan pemilihan kepala desa merupakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin ditingkat desa yang amanah. Sehingga seluruh elemen masyarakat yang mengikuti hajatan ini harus menyambutnya dengan penuh suka cita.

“Pilkades itu adalah pesta demokrasi yang tentunya masyarakat harus menyambutnya dengan kebahagiaan dan kegembiraan. Jadi seluruh elemen harus bekerja sama untuk menyukseskan pesta demokrasi ini dengan aman, damai demi daerah, desa yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Kata dia, selain menekankan agar para calon kades selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam Pilkades yang dihelat diakhir pekan nanti, pihaknya juga meminta para calon kades untuk siap menerima hasil pesta demokrasi. Pasalnya, yang terpilih nantinya adalah kader desa yang diinginkan masyarakat.

“Semua yang mengikuti Pilkades ini adalah kader-kader terbaik di desa masing-masing. Jadi para calon kades dan masing-masing pendukung harus siap menerima hasil baik maupun kurang baik dihajatan Pilkades Serentak 2021 ini,” tambahnya.

Pembina partai politik di Buton Selatan itu juga menekankan agar para calon kades selalu menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tak hanya itu pula, peserta Pilkades juga harus mematuhi tata tertib yang dibuat panitia Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Beradat itu. (m2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.