Calon Kades Ramai-ramai Berburu Surat Bebas Temuan di Inspektorat Bombana

57
Kalvarios

 

RUMBIA – Kantor Inspektorat Kabupaten Bombana mulai dipadati ratusan orang yang ingin mencalonkan diri sebagai kepala desa, dengan tujuan untuk mendapatkan surat keterangan bebas temuan.

Kepala Inspektur Inspektorat Bombana, Kalvarios mengatakan, surat keterangan bebas temuan merupakan suatu syarat yang utama dalam mencalonkan diri sebagai kepala desa.

“Data yang masuk ke kami ada sekitar 235 warga yang akan ikut mencalon sebagai Kades telah mendapatkan surat bebas temuan atas penggunaan anggaran negara, ” kata mantan Plt Kadis Kominfo ini.

Kalvarios menjelaskan, surat bebas temuan ini dapat digunakan sebagai calon kepala desa seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/Polri, kontraktor, pengusaha bahkan dipersyaratkan bagi semua bakal calon guna memastikan diri tidak pernah ada tunggakan atau kelalaian dalam mengelola anggaran yang menyebabkan kerugian negara.

“Hal ini tertuang dalam Peraturan Bupati Bombana nomor 56 tahun 2021 pasal 21 poin a tentang pedoman pelaksanaan pemilihan kepala desa. Didalamnya setiap calon wajib memiliki surat bebas temuan, ” ujarnya.

Sementara itu, pemerintah Kabupaten Bombana melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) telah menjadwalkan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tepatnya di 20 Februari 2022. (din/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.