Diterjang Angin Kencang Usaha Peternakan Ayam Rugi Puluhan Juta

10

 

Kondisi lokasi peternakan ayam petelur di Kolut yang rusak akibat terjangan angin.

 

LASUSUA – Kondisi cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) beberapa waktu belakangan,  patut diwaspadai.

Seperti kejadian Sabtu (22/11/2021) malam, hujan deras disertai angin kencang tiba-tiba menerjang sebuah lokasi peternakan ayam petelur di Desa Lawaki, Kecamatan Tolala, Kolut. Alhasil, musibah tersebut membuat pemilik peternakan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Salah seorang pekerja di peternakan tersebut, Mansur, menuturkan, terjangan hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekira pukul 18:30 Wita.

“Saat itu kami sementara kerja, tiba-tiba turun hujan disusul datangnya angin kencang disertai petir, beberapa kandang ayam langsung roboh dan jungkir balik,” kata Mansur.

Menurutnya, akibat musibah ini pihaknya mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp 50 juta, akibat banyaknya bahan-bahan yang rusak dan tidak bisa di gunakan lagi.

“Kandang ada empat unit rusak berat, bahan-bahan uhasa lainnya juga banyak yang rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Kerugiannya kira-kira bisa sampai 50 juta,” tutur Mansur.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut, Dr Syamsuriani ST MM, mengingatkan, kondisi cuaca di wilayah Kolut saat ini memang sangat patut diwaspadai.

Sebab menurutnya, tingginya intensitas hujan yang melanda wilayah Kolut beberapa waktu belakangan, dapat memicu terjadinya musibah bencana alam, khususnya banjir dan tanah longsor.

Olehnya itu, dia mengimbau warga Kolut, khususnya yang bermukim di wilayah pegunungan, bantaran sungai, serta kawasan pesisir pantai, untuk selalu waspada guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (r1/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.