Kredit Bank Sultra Tumbuh 9 Persen di Tri Wulan Tiga 2021

115
Abdul Latif.

 

KENDARI – Hingga September 2021, Bank Sultra telah menyalurkan total kredit sebesar Rp 7.387 miliar atau tumbuh sebesar 9 persen dibanding September 2020 yang mencapai Rp6.806 miliar.

Porsi terbesar penyaluran kredit adalah sektor kredit konsumtif.

Angka pertumbuhan ini diatas rata-rata pertumbuhan kredit secara nasional yang hanya mencapai 3,24 persen

Kredit konsumtif merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada ASN atau karyawan swasta untuk membiayai kebutuhan seperti biaya pendidikan, pembelian alat-alat rumah tangga atau kebutuhan konsumtif lainnya, meski tidak semua juga tujuan penggunaan dana kredit digunakan untuk sektor konsumtif namun banyak juga debitur yang menggunakan dana kreditnya untuk sektor atau usaha-usaha produktif.

PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara atau Bank Sultra terus menggenjot penyaluran kredit agar bisa mendorong daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19 serta mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Direktur utama Bank Sultra, Abdul Latif mengungkapkan kredit konsumtif dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan barang konsumtif.

Untuk melayani kebutuhan nasabah, pengajuan Kredit Konsumtif pada Bank Sultra diberikan dengan layanan yang mudah dan cepat.

Nasabah juga dapat memilih skema yang diinginkan yaitu skema pembayaran kredit dengan bunga anuitas atau bunga flat dan jika digunakan untuk tujuan produktif maka skema pembayaran bunga adalah bunga menurun dan bunga dihitung hanya untuk dana kredit yang telah ditarik atau digunakan

“Persyaratan mudah dan ada asuransi perlindungan disesuaikan dengan jenis kredit yang diajukan nasabah, bahkan untuk saat ini Bank Sultra sedang mengadakan promo besar-besaran untuk kredit konsumtif dengan menurunkan bunga sebesar 1%, diskon provisi sebesar 50% dan gratis biaya administrasi, promo ini hanya berlaku sampai dengan akhir bulan Desember 2021 sehingga bagi nasabah yang ingin memanfaatkan promo ini dapat segera ke kantor-kantor Cabang Bank Sultra,” ujar Latif.

Dia menambahkan, untuk jumlah ASN yang mengajukan kredit di Bank Sultra hingga periode Oktober 2021 yaitu kurang lebih 1.031 debitur.

“Kami juga tidak menetapkan maksimal plafon untuk kredit konsumtif karena penentuan plafon disesuaikan dengan persentase dari gaji yang diterima oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengajukan kredit konsumtif ini,” tutupnya. (r5/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.