Pemkab Busel Segera Mengoperasikan Dua Puskesmas Baru di Pulau Batu Atas dan Siompu

4
Laode Budiman.

 

BATAUGA- Upaya Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ditengah masyarakat perlu diacungi jempol.

Itu karena Pemkab Busel kini punya 10 puskesmas yang tersebar di 7 kecamatan se-Kabupaten Busel.

Teranyar, Pemkab Beradat itu segera mengoperasikan dua puskesmas baru yang dibangun ditahun 2021 di Pulau Batu Atas dan Siompu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Busel, Laode Budiman menuturkan kehadiran dua Puskesmas baru di Busel Kepulauan bisa memastikan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah tersebut.

Pasalnya, meski saat ini wilayah Busel kepulauan yakni Siompu dan Batu Atas telah memiliki puskesmas, namun pelayanan kesehatan masih kurang maksimal akibat jarak yang jauh.

“Di Kecamatan Batu Atas dan Siompu itu ada puskesmasnya. Tetapi jarak antara desa ke desa dengan lokasi puskesmas di tengah-tengah ibu kota kecamatan itu masih jauh. Selain itu pula, tingkat kepadatan penduduk menjadi salah satu faktor pelayanan kesehatan di dua daerah itu kurang maksimal,” tuturnya.

Kata dia, sejauh ini Pemkab Busel telah memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Busel hingga peningkatan sarana dan prasarana kesehatan telah dilakukan. Terlebih, persoalan layanan kesehatan masyarakat tentu menjadi hal urgen dan tidak boleh ditawar-tawar.

“Dengan 10 puskesmas yang tersebar di 7 kecamatan di Busel, tentu belum dapat memaksimalkan pelayanan dengan baik. Sehingga, ditahun 2021 ini Pemkab Busel membangun 2 Puskesmas diwilayah Busel kepulauan yang dimungkinkan awal tahun 2022 itu sudah dapat difungsikan dengan baik,” sebutnya.

Dia menambahkan, sejauh ini progres pengerjaan proyek dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang menelan biaya sebesar Rp 5 miliar itu telah mencapai hampir 90 persen. Segala fasilitas peralatan dan alat kesehatan juga telah disuplai di dua puskesmas tersebut.

“Karena lokasinya berada di wilayah kepulauan maka kami suplai langsung secepat mungkin peralatannya dan alat kesehatannya untuk disiapkan di puskesmas itu. Selain itu pula, pegawai baik itu tenaga medis dan para medisnya serta bidan kita tengah atur untuk ditempatkan terhitung sejak difungsikan layanan kesehatan tahap pertama itu,” jelasnya.

Dijelaskan, selain menunggu bangunan tersebut kelar, pihaknya juga tengah fokus menuntaskan persoalan izin operasional puskesmas tersebut. Sehingga, ditahun 2022 nantinya puskesmas tersebut sudah dapat menerima masyarakat Busel yang hendak melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama.

“Hal ini sesuai arahan Bupati Busel Laode Arusani dan tertuang dalam visi misinya agar masyarakat diseluruh wilayah Busel dapat terlayani lebih baik lagi, cepat dan tanggap dalam urusan layanan kesehatannya. Olehnya itu hadirnya dua puskesmas ini menjadi jawaban dari semua itu,” tutupnya. (m2/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.