Pemkab Butur Bantu Buatkan Penangkaran Sapi untuk Peternak Sapi di Wakorumba Utara

20

 

Kepala Dinas Pertanian Butur, Ir Yusus MAP saat meninjau tempat penangkaran sapi milik warga. Foto: IST.

 

BURANGA – Para peternak sapi di Desa Matalagi, Kecamatan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) dibantu dibuatkan tempat penangkaran sapi oleh pemerintah daerah setempat.

Tempat penangkaran itu memanfaatkan kebun milik warga yang belum dimanfaatkan.

Penangkaran sapi tersebut kurang lebih seluas 8 hektare. Sekeliling penangkaran itu dibuatkan pagar kawat keliling sehingga sapi tidak bisa keluar dari tempat tersebut. Bantuan itu berasal dari Dinas Pertanian.

Kepala Dinas Pertanian, Ir Yusus M.AP, penangkaran sapi seluas 8 hektare ini diperkirakan dapat menampung 70-80 ekor sapi milik warga desa. Bantuan ini diadakan untuk mengatasi  sapi yang selama ini dibiarkan berkeliaran dalam perkampungan.

“Bantuan semacam ini juga sudah kita usulkan untuk tahun anggaran 2022 nanti, ada beberapa titik lagi penangkaran sapi yang kita usulkan,” ungkapnya.

Secara pribadi dia menginginkan agar lahan lahan yang selama ini kurang produktif dapat dikembangkan sebagai usaha usaha ternak sapi. Tapi semua itu tentu harus terlebih dahulu menjadi keinginan peternak sendiri sebagai subyek atau pelaku usaha tani itu sendiri.

“Sepanjang itu memberi manfaat dan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat, sudah  menjadi kewajiban pemerintah untuk menyahutinya,” imbuhnya. (r3/b/aji) 

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.