Polres Konawe dan BPBD Salurkan Bantuan kepada Korban Puting Beliung

27
Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso didampingi Kabag OPS Polres Konawe AKP Bayu Laras Tutuka saat memberikan bantuan sembako kepada para korban angin puting beliung di Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Rabu (24/11/2021). Foto Ashry/Rakyat Sultra

 

UNAAHA – Kepolisian Resort (Polres) Konawe bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung di Kecamatan Kapoiala, Rabu (24/11/2021).

Sebelumnya, tiga rumah warga di Desa Puusangui, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak parah setelah disapu oleh angin puting beliung pada Selasa (23/11/2021).

Selain merusak rumah warga, satu penghuni rumah Dahlia menderita luka di bagian paha dan tidak bisa berjalan akibat tertindih tiang rumah.

Angin kencang disertai hujan lebat itu mengakibatkan rumah Supriadi dengan kerugian material rumah panggung roboh, kerusakan mesin traktor, dan kerusakan mesin dros jagung dengan jumlah kerugian sekitar Rp 50 juta.

Kerugian material juga dirasakan Ibrahim dengan atap rumah rusak akibat terbawah oleh angin puting beliung, untuk total kerugian sekitar Rp 15 juta.

Sementara Busra, juga mengalami hal yang sama yakni atap rumahnya di terbawa oleh angin. Untuk kerugian material sekira Rp 5 juta.

Mendengar musibah tersebut, Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso SIK dan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Konawe langsung turun meninjau lokasi tempat kejadian tersebut.

Pada kunjungan kali ini, Kapolres Konawe dan Kalaksa BPBD Konawe didampingi Kabag OPS Polres Konawe AKP Bayu Laras Tutuka, Kapolsek Puriala IPDA Hamsar, Kasi Provost Aipda Rino, Camat Puriala Lisain, Kades Puriala, Hengky dan Warga serta korban bencana alam angin puting beliung.

Kapolres Konawe AKBP Wasis Santoso mengatakan, sebelum memberikan bantuan terhadap korban puting beliung, dirinya bersama Kalaksa BPBD Konawe Heriyanto Pagala terlebih dahulu melakukan peninjauan langsung ke seluruh rumah warga terdampak korban angin puting beliung.

Guna meringankan yang diderita korban bencana alam jajaran Polres Konawe memberikan bantuan sembako berupa beras 30 karung, mi instan 15 dus, dan 10 rak telur.

Ada juga bantuan dari BPBD konawe berupa paket keluarga 3 box, paket bayi 1 box, paket kebersihan 3 box, paket pakaian 4 tas, tikar 6 dan Sembako 3 kantong.

“Kami berharap agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan beban korban bencana angin puting beliung. Untuk pembangunan, ia sudah berkoordinasi dengan BPBD akan ada bantuan lagi menyusul. Hari ini kami bantu sembako dan pembersihan lokasi di TKP,” ungkap mantan Kapolres Buton Utara ini.

Dikesempatan tersebut, Camat dan Lurah setempat menyampaikan langsung ke Kapolres Konawe dan Kalaksa BPBD bahwa dalam waktu dekat akan membantu pembangunan rumah warga yang terdampak bencana puting beliung. (cr2/b/aji)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.