Serba Serbi Cerita ODOL – Over Dimension Over Loading

156

Oleh: La Baco

Ada cerita menarik dari La Baco tentang seorang sopir taksi oleh La Baco dulu dikenal lama menjadi sopir truck di Jawa dan di Papua. (sebut saja nama sopir Si Fulan)

Cerita ini berawal ketika La Baco dari Bandara Soeta menuju hotel menggunakan taksi. Ditengah perjalanan berlangsung bincang santai yang akhirnya terkuak kalau Si Fulan pernah menjadi sopir Truck. Lanjut, ternyata Si Fulan mengamati kami dalam perbincangan (mungkin dia tahu kalau La Baco berprofesi petugas Jembatan Timbang).

Diskusipun mengalir dan si Fulan menceritakan pengaman waktu menjadi sopir truck di wilayah Jawa, karena rata rata truck ODOL. Truk ODOL merupakan singkatan truk Over Dimension Over Loading, yang diterjemahkan sebagai kendaraan berat yang memiliki dimensi dan muatan berlebih.


Setiap kali dirinya membawa truck, selalu was was dengan keselamatan jiwanya karena trucknya rawan mengalami ban pecah atau patah as di jalan, maklum muatannya untuk ukuran truck PS 125 (6 roda /GVW/JBB 8 Ton) dimuatin rata rata 7 hingga 10 ton, apalagi kalau muat pasir, ujar si Fulan yg kental dengan logat sunda.

Berita terkait

Lanjut si Fulan menceritakan kalau dirinya juga pernah menjadi sopir truck di wilayah Papua, “ Truck disana hanya dimuati sesuai daya angkut dan JBI (rata rata 4 hingga 5 Ton untuk Ukuran truck ps 125,” katanya
Pria paruh baya itu berbagi pengalaman bahwa betapa nyamannya dia membawa truck disana (Papua) dan truck pegangannya mitsubishi Ps 125 sejak dia pegang dari baru sampai dia pulang ke jawa trucknya masih awet.

Dari cerita diatas tentu timbul pertanyaan kok bisa? Justru harusnya di pulau jawa harus lebih tertib karena sudah lebih maju pemikirannya, ini malah di papua lebih tertib.???

Hikmah dari cerita diatas bahwa penertiban dan penegakan hukum tidak perlu melihat daerah/wilayah atau apapun dan dari mana kita memulai, yang terpenting adalah kemauan kita untuk memulai dan berbuat yang terbaik, dan yang pasti bahwa kalau kendaraan truck tidak ODOL maka so pasti TRUCK awet Transporter untung Sopir tenang dan keselamatan terjamin.

Pesan La Baco.. Ingatki keluarga di rumah, daripa ODOL di jalan mending bawa ODOL ke rumah biar gigi dan gusi kita sehat keluarga  nyaman. ***

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.