Sukses Terapkan Program PIS PK, Puskemas Mokoau Kendari Diganjar Penghargaan  Oleh Kemenkes RI Sebagai Puskesmas Terbaik Di Indonesia

28

Rakyatsultra.com, KENDARI, — Dalam rangka menjalankan program Indonesia sehat yang merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Di Gelaran Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 57, Kota Kendari patut berbangga. Pasalnya, Puskesmas Mokoau Kendari kembali mengharumkan nama Kota Kendari di kanca Nasional Kementerian Kesehatan RI.

 

Puskesmas Mokoau Kendari memperoleh penghargaan sebagai Puskesmas terbaik di Indonesia yang menerapkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Tahun 2021 dari kementerian kesehatan RI.

 

Dalam pelaksanaan program tersebut Puskesmas Mokoau Kendari berhasil membangun kemandirian dan meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat dalam persoalan kesehatan yang Masyarakat hadapi di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mokoau.


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Kendari Sulkarnain Kadir pada gelar HKN ke 57 di Pelataran Kantor Dinas Kesehatan Kota Kendari. Kamis (11/11/2021).

 

Orang nomor satu di Kota Kendari itu menyampaikan bahwa,  ini menjadi satu hal yang membanggakan bagi kita semua dan merupakan apresiasi dari hasil kerja keras yang sudah ditunjukkan oleh seluruh insan kesehatan khususnya Tim Kesehatan di puskesmas Mokoau Kota Kendari.

 

” Saya sangat bangga dengan jajaran Dinas Kesehatan Kota Kendari dengan capaiannya sampai hari ini. Dan ini  subjektif dan ada ukuran-ukurannya yang jelas. Terbukti dengan angka stantin kita yang jauh menurun 15,2% turun menjadi 5,6% dan IPM, sanitasi berbasis masyarakat kita sudah sampai di angka level 5 besar nasional,” ungkap Sulkarnain.

 

Selanjutnya Sulkarnain mengatakan, kebanggaan ini akan didorong sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik ke depan, karena pelayanan kesehatan tidak mengenal kata berhenti. Kata dia, Jangankan berhenti untuk melambat saja tidak boleh, Saat ini Pemkot Kendari berkejaran terus dengan resiko kesehatan di masyarakat.

 

Berita terkait

“Kalau kita tidak melakukan upaya maksimal, kita akan menghadapi situasi yang tidak menguntungkan untuk kita. Maka Saya mengingatkan kepada seluruh jajaran dinas kesehatan dan stakeholdernya agar ini bisa dipertahankan,” pinta Sulkarnain.

Sementara itu di tempat yang sama , Kepala UPTD Puskesmas Mokoau Kendari, Asmawati Gunawan mengatakan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK) di tingkat puskesmas melibatkan Tim 10 di SK-kan di Puskesmas Mokoau dengan melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, mulai dari pendataan kesehatan keluarga menggunakan prokesga oleh pembina keluarga, membuat dan mengelola pangkalan data puskesmas oleh tenaga pengelola data puskesmas.

 

Selain itu, Puskesmas Mokoau juga menganalisis dan merumuskan intervensi masalah kesehatan dan menyusun rencana puskesmas dengan melaksanakan penyuluhan kesehatan melalui kunjungan rumah oleh pembina keluarga.

 

Berkat program – program inovatif tersebutlah, Puskesmas Mokoau Kota Kendari yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara memperoleh penghargaan PIS PK dari Kementerian Kesehatan RI.

 

“Dengan membangun kemandirian di masyarakat untuk menghadapi persoalan kesehatan dapat mendeteksi secara dini mengenai permasalahan kesehatan di lingkungan keluarga sehingga keluarga tersebut tetap dapat berproduktif. Ini,” pungkasnya.

 

Ada 12 Indikator yang telah di penuhi Puskesmas Mokoau Kendari, yakni, Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB), Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif, Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan.

 

Selanjutnya, Penderita tuberkulosis paru, mendapatkan pengobatan sesuai standar, Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Keluarga mempunyai akses sarana air bersih dan Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat. (P2)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.